Ucapan Asnawi Kepada Faris Ramli Jadi Perbincangan Media Asing

Ucapan Asnawi Kepada Faris Ramli Jadi Perbincangan Media Asing
Asnawi Mangkualam mengucapkan sesuatu kepada Faris Ramli usai gagal mengeksekusi penalti (Net)

Analisadaily.com, Singapura - Ada peristiwa menarik yang terjadi sesaat setelah Faris Ramli gagal mengeksekusi penalti dalam leg kedua semifinal antara Indonesia melawan Singapura di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12) malam.

Duel Indonesia melawan Singapura itupun berakhir 4-2 untuk kemenangan skuad Garuda sehingga berhak lolos ke babak final dengan agregat 5-3.

Sebelum meraih kemenangan tersebut, Indonesia juga sempat mendapat tekanan hebat. Saat sudah unggul jumlah pemain akibat dua kartu merah untuk pemain Singapura, skuad Shin Tae-yong malah ketinggalan 1-2 di menit ke-74.

Tekanan sempat sedikit berkurang di menit ke-87 setelah Pratama Arhan menyamakan kedudukan. Tapi suporter Indonesia mesti "senam jantung" lagi saat injury time ketika Singapura mendapat tendangan penalti.

Pada saat itu, wasit menilai Pratama Arhan melanggar Ikhsan Fandi di kotak terlarang. Kemudian Faris Ramli menjadi algojo buat Singapura dengan eksekusinya itu bisa memastikan timnya ke final Piala AFF 2020.

Dalam rangkaian kejadian pada momen itulah Asnawi mencuri perhatian. Awalnya pemain yang tampil sebagai kapten Indonesia itu terlihat berjongkok di tepi kotak penalti, menatap ke arah bagian belakang tubuh Faris Ramli.

Ada dugaan Asnawi sedang khusyuk berdoa buat Indonesia. Ada pula yang menyangka pemain klub Korea Ansan Greeners itu hendak menerka arah tendangan Faris Ramli demi membantu kiper Nadeo Argawinata.

Ada pula yang menilai sikap jongkok Asnawi ini kurang pas karena terkesan sudah pasrah dan tak sepatutnya dilakukan kapten. Apalagi Asnawi idealnya mesti tetap dalam sikap tubuh siaga andaikata ada bola muntah yang perlu disapunya jauh-jauh.

Selain momen jongkok itu, kejadian berikutnya juga bikin Asnawi jadi buah bibir. Tepatnya adalah tindakannya ketika bola sepakan Faris Ramli dari titik putih berhasil dimentahkan Nadeo.

Kegagalan itu disambut gembira Asnawi dan para pemain Indonesia lainnya. Yang membedakan, seketika itu pula Asnawi maju ke hadapan Faris Ramli, memegang tubuhnya sambil mengucapkan sesuatu ke arah pemain Singapura yang sedang larut dalam kecewa itu.

Ada beragam spekulasi mengenai apa yang diucapkan oleh Asnawi tepat di depan wajah Faris Ramli pada momen tersebut. Salah satu dugaan yang banyak bermunculan adalah Asnawi mengucapkan "thank you, thank you", alias berterima kasih pada Faris Ramli karena sudah gagal menyarangkan bola dan menjaga asa Indonesia.

Namun, apa sebenarnya ucapan Asnawi ke Faris Ramli sendiri sejauh ini masih jadi misteri.

Bahkan media Vietnam Giaoducthoidai sampai memunculkan artikel bertajuk "Apa yang dikatakan pemain Indonesia ini kepada Ramli setelah penalti gagal di semifinal Piala AFF 2020?".

Selain tebakan mengenai kata-kata Asnawi, beragam meme adegan itu juga bermunculan. Di sisi lain, ada pula yang menyebut apa yang dilakukan oleh Asnawi itu tidaklah pantas. Salah satunya adalah media Singapura Mothership.sg.

"Kapten Indonesia mengejek Faris Ramli-nya Singapura usai penalti gagal di semifinal Piala AFF. Tidak cool, bro," tulis media tersebut.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi