Menkes Jelaskan Kasus Pasien Omicron Lolos dari Karantina

Menkes Jelaskan Kasus Pasien Omicron Lolos dari Karantina
Ilustrasi (Net)

Analisadaily.com, Jakarta - Seorang pasien Covid-19 varian Omicron dikabarkan lolos dari karantina.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menjelaskan kronologi lolosnya pasien tersebut.

Menurutnya pasien itu merupakan pelaku perjalanan luar negeri yang datang dari Inggris. Pada saat kedatangan, ia dites positif Covid-19.

Namun pasien tersebut meminta tes pembanding yang menunjukkan bahwa ia negatif Covid-19. Berdasarkan hasil tes kedua tersebut, ia dibolehkan karantina mandiri oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Lima hari kemudian tes positif Omicron, jadi kita kejar lagi kita tes seluruh keluarganya semua dan alhamdullillah sudah negatif," kata Budi Gunadi, dilansir dari detikcom, Senin (27/11).

Sebelumnya Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan ada satu orang pasien Omicron yang lolos dari karantina. Ia juga menyinggung orang tersebut sudah bepergian bersama keluarganya.

Oleh karena itu Luhut menegaskan dispensasi tidak akan diberikan kepada mereka yang karantina tanpa ada alasan yang betul-betul kuat.

"Sebab kemarin ternyata ada satu orang yang lolos dari situ karena pergi dengan keluarganya dan ini kita harapkan tidak terjadi lagi," kata Luhut.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi