Biden dan Putin Bahas Krisis Ukraina

Biden dan Putin Bahas Krisis Ukraina
Jalanan yang lengang terlihat di dekat gereja ternama St Andrew di Kiev, ibu kota Ukraina, pada 31 Maret 2020 (Xinhua/Sergey Starostenko)

Analisadaily.com, Amerika Serikat - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengadakan pembicaraan via telepon membahas situasi di Ukraina, pada Sabtu (12/2).

Dilansir dari Antara, Minggu (13/2), dalam percakapan telepon ya g berlangsung selama sekitar 1 jam, kedua pemimpin membicarakan situasi di Ukraina dan sejumlah isu keamanan terkait, menurut pernyataan Gedung Putih dan Kremlin.

Gedung Putih mengatakan, Biden menyampaikan pernyataan tegas kepada Putin bahwa "meski Amerika Serikat tetap siap terlibat dalam diplomasi," mereka "juga siap untuk skenario lain."

Rusia belum menerima respons substantif dari AS mengenai jaminan keamanan, menurut laporan Sputnik, mengutip ajudan Kremlin Yuri Ushakov.

Rusia akan segera menyampaikan tanggapannya kepada AS dan NATO mengenai jaminan keamanan, kata Ushakov, seraya menambahkan bahwa kedua pemimpin sepakat untuk melanjutkan kontak.

Keterlibatan langsung antara AS dan Rusia hampir tidak menghasilkan kemajuan substansial. Kremlin mengatakan Gedung Putih gagal mengatasi masalah keamanan utamanya.

Sedangkan pemerintahan Biden berulang kali memperingatkan pemerintahan Putin tentang sanksi ekonomi yang berat jika mereka menyerang Ukraina.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi