Shevchenko Tingkatkan Bantuan dan Puji Kepemimpinan Zelenskiy

Shevchenko Tingkatkan Bantuan dan Puji Kepemimpinan Zelenskiy
Pelatih Genoa, Andriy Shevchenko (Reuters/Massimo Pinca)

Analisadaily.com, Ukraina - Mantan striker tim nasional Ukraina, Andriy Shevchenko, mengatakan dia akan menggunakan platformnya untuk memberitahu dunia kebenaran tentang invasi Rusia ke negaranya dan meningkatkan upaya bantuan kemanusiaan bagi para korban krisis.

Salah satu pemain terbesar Ukraina dan mantan pelatih tim nasional, Shevchenko, mengaku dia terkejut selama dua hari pertama invasi, yang digambarkan Moskow sebagai "operasi militer khusus."

"Tetapi saya segera berpikir tentang cara terbaik untuk membantu negara saya. Saya memutuskan cara terbaik adalah menggunakan platform saya, berbicara, memberi tahu orang-orang kebenaran tentang apa yang terjadi dan meningkatkan bantuan kemanusiaan," kata Shevchenko kepada surat kabar Times.

Dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Selasa (22/3), Shevchenko mengatakan dia berencana untuk menyambut dua keluarga pengungsi Ukraina ke rumahnya di Surrey.

"Saya memiliki kemampuan dan kapasitas untuk memiliki orang-orang di rumah saya, jadi mengapa saya tidak melakukan itu? Mereka adalah orang-orang yang tidak memiliki apa-apa, dan dunia harus membantu - saat ini," kata pria berusia 45 tahun itu.

"Respons dari seluruh dunia luar biasa, tetapi situasinya semakin buruk. Lebih banyak orang sekarat, jadi kita semua perlu berbuat lebih banyak, dan kita perlu melakukannya sekarang," tuturnya.

Ribuan orang tewas dalam pertempuran itu sementara badan pengungsi PBB mengatakan sekitar 10 juta orang telah mengungsi akibat perang.

Shevchenko telah meluncurkan kampanye yang disebut "Mainkan Bagian Anda untuk Ukraina https://www.justgiving.com/campaign/play-your-part" yang berharap dapat mengumpulkan dua juta pound ($2,64 juta) untuk membantu mereka yang terkena dampak. Sumbangan mencapai hampir 294.000 pound pada hari Selasa.

Shevchenko juga memuji kepemimpinan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy.

"Reaksi presiden luar biasa. Dia telah menyatukan bangsa. Ini adalah pesan solidaritas yang menginspirasi, dan reaksi dunia telah memberikan harapan kepada rakyat kami," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi