Wabah Hepatitis, Mulai Besok Sekolah di Ukraina Tutup, Beralih ke Sistem Online

Wabah Hepatitis, Mulai Besok Sekolah di Ukraina Tutup, Beralih ke Sistem Online
Wabah Hepatitis, Mulai Besok Sekolah di Ukraina Tutup, Beralih ke Sistem Online (Ilustrasi/pexels)

Analisadaily.com, Ukraina - Sekolah-sekolah akan beralih ke sistem online mulai Senin, 30 Oktober di kota Vinnytsia, Ukraina tengah, setelah wabah Hepatitis A menyebabkan sejumlah anak-anak dan orang dewasa harus dirawat di rumah sakit, kata kepala pejabat sanitasi negara itu pada akhir pekan.

“Hal utama saat ini adalah menetapkan pusat wabah dan penyebabnya untuk menghentikan penyebaran virus Hepatitis A di kalangan masyarakat sesegera mungkin,” tulis Kepala Dokter Sanitasi Ukraina Ihor Kuzin di Facebook pada hari Sabtu, dilansir dari Reuters, Minggu (29/10/2023).

Kuzin, yang juga menjabat sebagai wakil menteri kesehatan Ukraina, mengatakan 141 orang di kota dan wilayah tersebut dirawat di rumah sakit. Vinnytsia, yang memiliki populasi sebelum perang sekitar 370.000 jiwa, adalah pusat administrasi wilayah Vinnytsia di Ukraina tengah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Hepatitis A adalah infeksi hati jangka pendek yang sangat menular dan dapat menyebar melalui kontak dekat atau makan makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Orang yang tertular Hepatitis A mungkin merasa sakit selama beberapa minggu hingga beberapa bulan, namun biasanya akan pulih sepenuhnya - kecuali mereka termasuk dalam kelompok risiko tinggi atau memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

“Sejauh ini, tidak ada penyebab pasti dari wabah ini,” kata Kuzin.

“Kami sedang menganalisis pusat penyebaran dan bekerja dengan masyarakat, khususnya untuk membangun lingkaran penghubung,” pungkasnya.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi