Disuruh Bermain Ulang, Argentina Ajukan Banding ke CAS

Disuruh Bermain Ulang, Argentina Ajukan Banding ke CAS
Argentine Football Association (AFA) (Coinscreed)

Analisadaily.com, Buenos Aires - Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) akan mengajukan banding atas keputusan FIFA yang memaksa Brasil dan Argentina memainkan ulang pertandingan kualifikasi Piala Dunia, yang dibatalkan setelah lima menit karena melanggar aturan karantina Covid-19. Seorang pejabat asosiasi mengatakan Argentina akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

"Kami yakin keputusan itu tidak adil dan kami yakin Argentina tidak menyebabkan pertandingan itu dibatalkan," kata penasihat asosiasi, Andres Urich kepada televisi Argentina.

"Kami pikir kami benar dan kami yakin kami harus membawanya ke Pengadilan," sambung Urich dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Sabtu (23/4).

Sebelumnya, media Argentina menerbitkan surat dari FIFA yang konon memerintahkan kedua tim untuk memainkan pertandingan yang dibatalkan pada 22 September.

Pertandingan asli dibatalkan pada September 2021 ketika pejabat kesehatan Brasil menuduh empat pemain Argentina menyesatkan ofisial tentang status Covid-19 mereka.

Para pejabat mengatakan Argentina telah melanggar aturan yang menyatakan para pelancong yang telah berada di Inggris, Afrika Selatan atau India selama dua minggu sebelumnya dilarang memasuki Brasil kecuali mereka adalah warga negara atau memiliki tempat tinggal permanen.

"Para pemain telah menyesatkan petugas perbatasan dengan menyatakan mereka tidak berada dalam daftar merah negara selama 14 hari sebelum pertandingan," kata para pejabat Brasil.

Pejabat Argentina mengatakan mereka yakin protokol yang sama yang digunakan di Copa America di Brasil pada Juni tahun lalu berlaku untuk kualifikasi Piala Dunia untuk memungkinkan tim melakukan perjalanan melintasi benua. Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan mengkonfirmasi interpretasi itu.

FIFA, bagaimanapun, menangguhkan empat pemain untuk dua pertandingan dan mengatakan mereka ingin permainan itu dimainkan.

Argentina mengajukan banding atas keputusan itu dua bulan lalu tetapi mengatakan belum menerima resolusi dan menyebut langkah Jumat itu tergesa-gesa.

“Tergesa-gesa karena tidak menjawab banding pertama dan yang dikonfirmasi ada contoh lain, yaitu Pengadilan Arbitrase Olahraga dan AFA akan mengajukan banding,” tambah Urich.

Hasil pertandingan antara dua negara adidaya sepak bola Amerika Selatan tidak penting untuk kualifikasi Piala Dunia karena kedua tim telah mengamankan tempat mereka di Qatar.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi