Kembalikan Tas Berisi Uang, Polres Palas Beri Penghargaan ke Sopir TKB

Kembalikan Tas Berisi Uang, Polres Palas Beri Penghargaan ke Sopir TKB
Kapolres Palas, Indra Yanitra, menyerahkan piagam kepada pengemudi taksi yang telah mengembalikan tas berisikan uang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Sarwedi Hasibuan, pengemudi Taxi Kita Bersama (TKB) jurusan Padangsidimpuan-Ujung Batu Rokan menerima penghargaan dari Kapolres Padanglawas atas kejujuran mengembalikan tas berisikan uang kepada pemiliknya.

Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan menyampaikan, kejujuran yang dimiliki Sarwedi Hasibuan selaku pengemudi TKB patut dicontoh dan ditauladani.

"Mari tanamkan kejujuran dalam diri kita. Kejujuran adalah sifat yang dicintai Allah SWT," katanya di Mapolres Palas.

Sarwedi mengembalikan tas berisikan uang sebanyak Rp 12.130.000, yang bukan miliknya pada Rabu (20/4) sekitar pukul 17.00 Wib dengan cara melaporkan dan menyerahkannya kepada pihak Polres Palas.

"Sebagai bentuk apresiasi, saya berikan piagam penghargaan kepada saudara Sarwedi Hasibuan. Semoga atas keikhlasannya dalam mengembalikan yang bukan haknya kepada yang berhak, yaitu Umar Siregar menjadi amal ibadah buatnya. Apalagi di saat bulan Ramadan ini," kata Kapolres.

Sarwedi Hasibuan selaku TKB mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Palas yang telah memberikan penghargaan kepadanya.

"Saya merasa bangga dan terkejut adanya penghargaan dari Kapolres, padahal yang saya perbuat itu merupakan kewajiban buat kita untuk mengembalikan yang bukan hak kita," ucapnya.

Sarwedi pun menuturkan kronologis kejadian. Saat lagi mengemudikan TKB jurusan Padangsidimpuan-Ujung Batu Rokan, dan melintas di Jalan Raya Binanga menuju Sibuhuan, tepatnya di jembatan Siboris Dolok, melihat tas sandang terletak di tengah jalan.

Lalu Sarwedi turun dan mengambil tas tersebut. Sarwedi mengecek isi tas tersebut, ternyata dilihatnya ada uang.

"Setelah sampai di Sibuhuan, Sarwedi langsung melaporkan penemuan tas tersebut ke Polres Palas," ungkapnya.

Umar Siregar selaku pemilik tas juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Palas, sehingga tas berisikan uang miliknya bisa kembali secara utuh.

Dijelaskan Umar, saat itu anggotanya, Nauli Lubis tidak sadar menaruh tas di atas ban serap mobil angkutan getah karetnya. Setelah mobil berangkat, Nauli Lubis baru sadar tas berisikan uangnya hilang.

"Dua hari kemudian kami dapat telepon dari Polres Palas bahwa tas kami ditemukan," jelas Umar.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi