Puluhan Orang Terjebak di Bawah Runtuhan Bangunan

Puluhan Orang Terjebak di Bawah Runtuhan Bangunan
Sebuah bangunan runtuh di Changsha, provinsi Hunan di China tengah, menyebabkan puluhan orang terperangkap di bawah puing-puingnya. (CNS/AFP)

Analisadaily.com, Changsha - Puluhan orang terjebak di bawah sebuah bangunan yang runtuh di China tengah. Penyelamat kini sedang berupaya membongkar puing-puing dan menggunakan gergaji untuk menarik beberapa orang yang selamat.

Bangunan, yang menampung sebuah hotel, apartemen, dan bioskop, ambruk pada Jumat (29/4) sore di kota Changsha, provinsi Hunan.

Sedikitnya 23 orang masih terjebak Sabtu malam, sementara 39 lainnya tidak dapat dihubungi setelah insiden itu.

"Situasi orang hilang sedang dinilai lebih lanjut," kata Wali Kota Changsha, Zheng Jianxin, saat petugas penyelamat dengan topi oranye mengerumuni tempat kejadian dilansir dari AFP dan Channel News Asia, Sabtu (30/4).

Tidak ada korban yang dilaporkan sejauh ini dan otoritas kota mengatakan lima orang diselamatkan dari bangunan yang runtuh semalam.

Para pejabat juga mengkonfirmasi, gedung itu setinggi delapan lantai, mengoreksi laporan sebelumnya bahwa gedung itu setinggi enam lantai.

Media pemerintah menunjukkan petugas pemadam kebakaran memotong rawa-rawa logam dan beton, sementara penyelamat berteriak ke menara puing-puing untuk berkomunikasi dengan para penyintas.

Beberapa orang yang terluka dilarikan dengan brankar melalui gang sempit, sementara anjing pelacak menyisir daerah itu untuk mencari tanda-tanda kehidupan lebih lanjut.

Tidak ada penyebab langsung dari bencana yang diberikan oleh pihak berwenang, meskipun spekulasi beralih ke kemungkinan terlalu banyak pekerjaan di properti itu.

"Penyewa telah membuat perubahan struktural ke tempat itu ke tingkat yang berbeda-beda," katanya, menambahkan bahwa alasan keruntuhan sedang diselidiki.

Presiden Xi Jinping telah menyerukan pencarian korban dengan segala cara, lapor media pemerintah, menambahkan dia telah memerintahkan penyelidikan menyeluruh terhadap penyebab keruntuhan.

Seorang pejabat tinggi Partai Komunis sebelumnya dikirim ke tempat kejadian - indikasi parahnya bencana.

Penasihat Negara, Wang Yong, ditunjuk pemerintah pusat, dikirim memimpin sebuah tim untuk membimbing pekerjaan penyelamatan dan tanggap darurat.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi