Formasi Dukung Keputusan Pemerintah Terkait Lepas Masker di Ruang Terbuka

Formasi Dukung Keputusan Pemerintah Terkait Lepas Masker di Ruang Terbuka
Pimpinan Pusat Forum Generasi Muda Seluruh Indonesia (Formasi), Ibnu Kaban (kiri) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pimpinan Pusat Forum Generasi Muda Seluruh Indonesia (Formasi), Ibnu Kaban, sangat mendukung kebijakan Pemerintah yang memperbolehkan masyarakat melepas masker di ruang terbuka.

"Saya menilai kebijakan tersebut menunjukkan keberhasilan pengendalian Covid-19 di Indonesia," katanya, Rabu (18/5).

Menurut Ibnu Kaban, keputusan ini menunjukkan keberhasilan penanganan atas pandemi Covid-19 yang dilaksanakan Pemerintah selama ini. Selain itu, izin lepas masker tersebut menandakan Pemerintah tetap konsisten, sistematis, dan terukur dalam menangani Covid-19.

"Dan tidak gegabah merespons fenomena Covid-19 yang melandai. Pencabutan secara bertahap kebijakan-kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat seiring makin terkendalinya pandemi Covid-19, adalah bukti pemerintah memiliki perencanaan matang, tidak buru-buru dan mengutamakan kesehatan serta keselamatan rakyat," ucapnya.

Ibnu Kaban juga berharap masyarakat memberikan dukungan penuh atas kebijakan tersebut. Dia meyakini Pemerintah tidak ingin membatasi masyarakat yang berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi.

"Percayalah, Pemerintah tidak sedang ingin memelihara pembatasan-pembatasan agar masyarakat merasakan kesulitan. Tetapi, semata karena bermaksud memastikan pandemi Covid-19 berakhir dengan mengutamakan keselamatan hidup masyarakat. Pemerintah sedang menjalankan salah satu tujuan syariat semua agama," terangnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut kebijakan wajib masker kepada seluruh masyarakat di Indonesia di ruang terbuka. Jokowi mengungkapkan, kebijakan ini dilakukan karena kasus Covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

Dengan memperhatikan kondisi saat ini, di mana penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali dan pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan pemakaian masker.

"Begitu juga Pak Jokowi menjelaskan, kebijakan melepas masker hanya boleh dilakukan jika masyarakat sedang aktivitas di luar ruangan dan di area terbuka yang tidak padat orang. Boleh tidak memakai masker (saat masyarakat sedang aktivitas di luar ruangan dan di area terbuka yang tidak padat orang)," tutur Ibnu Kaban.

Saat situasi sedang berada di ruang tertutup dan di dalam transportasi publik, Jokowi tetap meminta masyarakat menggunakan masker.

"Namun untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap gunakan masker," tambah Ibnu Kaban.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi