PBB Melaporkan Kesulitan Mentransfer Dana ke Afghanistan

PBB Melaporkan Kesulitan Mentransfer Dana ke Afghanistan
Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi, Direktur Layanan Informasi PBB (UNIS), Alessandra Vellucci dan Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat, Martin Griffiths (Reuters/Denis Balibouse)

Analisadaily.com, Jenewa - Kepala bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Martin Griffiths, menyatakan Taliban yang berkuasa di Afghanistan menolak upaya PBB untuk membantu mendapatkan dana kemanusiaan ke negara itu dan mengganggu pengiriman bantuan.

Sejak Taliban mengambil alih pada Agustus ketika pasukan pimpinan AS menarik diri setelah dua dekade perang, bank-bank internasional waspada terhadap pengujian sanksi PBB dan AS, membuat Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kelompok-kelompok bantuan berjuang untuk memberikan cukup uang untuk menjalankan operasi.

"Sistem perbankan formal terus memblokir transfer karena de-risiko yang berlebihan, berdampak pada saluran pembayaran dan menyebabkan gangguan dalam rantai pasokan," kata Griffiths kepada 15 anggota Dewan Keamanan dilansir dari Reuters, Jumat (24/6).

PBB telah mencoba untuk memulai sistem, digambarkan sebagai Fasilitas Pertukaran Kemanusiaan (HEF) untuk menukar jutaan dolar bantuan untuk mata uang Afghanistan dalam rencana untuk membendung bantuan dan krisis ekonomi dan memotong para pemimpin Taliban yang berada di bawah sanksi.

“Kami telah melihat kemajuan yang terbatas karena perlawanan oleh otoritas de-facto. Ini adalah masalah yang tidak akan selesai dengan sendirinya,” kata Griffiths, menambahkan sampai sistem perbankan formal Afghanistan dapat beroperasi dengan baik lagi, PBB perlu mendapatkan Fasilitas Pertukaran Kemanusiaan aktif dan berjalan.

Dia mengatakan sekitar setengah dari kelompok bantuan yang baru-baru ini disurvei oleh PBB melaporkan kesulitan mentransfer dana ke Afghanistan, turun dari 87 persen pada Oktober.

"Arah perjalanan positif, tetapi angkanya tetap mengkhawatirkan," ucapnya.

Griffiths mengatakan dua pertiga dari kelompok bantuan menyebutkan kurangnya uang tunai yang tersedia di Afghanistan sebagai penghambat program mereka. Otoritas Taliban juga semakin mengganggu pengiriman bantuan kemanusiaan, meskipun ada janji kepada pejabat PBB pada September mereka tidak akan melakukannya.

"Otoritas nasional dan lokal semakin berupaya memainkan peran dalam pemilihan penerima manfaat dan menyalurkan bantuan kepada orang-orang dalam daftar prioritas mereka sendiri, dengan alasan tingkat kebutuhan yang hampir universal," katanya.

"Kami juga melihat lebih banyak tuntutan oleh Taliban untuk data dan informasi berkaitan dengan anggaran dan kontrak kepegawaian," katanya, seraya menambahkan bahwa kelompok-kelompok bantuan menghadapi kesulitan terus-menerus ketika mereka mencoba mempekerjakan wanita Afghanistan dalam fungsi-fungsi tertentu.

Taliban tidak dapat segera dihubungi untuk mengomentari pernyataan Griffith. Griffiths mengatakan PBB hanya menerima sepertiga dari US$4,4 miliar yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan di Afghanistan pada 2022.

"Kami tidak memiliki cukup dana," katanya.

Dewan bertemu untuk pertemuan triwulanan di Afghanistan sehari setelah gempa bumi menewaskan sedikitnya 1.000 orang di bagian terpencil negara itu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi