WHO Serukan Tindakan Mendesak Atasi Cacar Monyet di Eropa

WHO Serukan Tindakan Mendesak Atasi Cacar Monyet di Eropa
Sebuah virion monkeypox diperoleh dari sampel kulit manusia (AFP/Cynthia S Goldsmith/Centers for Disease Control and Prevention)

Analisadaily.com, Kopenhagen - Organisasi Kesehatan Dunia menyerukan tindakan "mendesak" untuk mencegah penyebaran cacar monyet di Eropa. Lembaga ini mencatat kasus telah meningkat tiga kali lipat di sana selama dua minggu terakhir.

"Hari ini, saya mengintensifkan seruan saya kepada pemerintah dan masyarakat sipil meningkatkan upaya untuk mencegah cacar monyet berkembang di wilayah geografis yang berkembang," kata Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Henri Kluge dilansir dari AFP, Sabtu (2/7).

"Tindakan mendesak dan terkoordinasi sangat penting jika kita ingin mengubah arah dalam perlombaan untuk membalikkan penyebaran penyakit ini yang sedang berlangsung," ujarnya.

Sejak awal Mei, lonjakan kasus cacar monyet telah terdeteksi di luar negara-negara Afrika Barat dan Tengah di mana penyakit virus endemik.

"Sembilan puluh persen dari semua kasus yang dikonfirmasi laboratorium terdaftar di seluruh dunia atau 4.500 infeksi berada di Eropa," kata Kluge.

Tiga puluh satu negara dan wilayah kini telah melaporkan infeksi. Kluge mengatakan Eropa tetap menjadi pusat penyebaran wabah dan risikonya tetap tinggi.

WHO tidak menganggap wabah saat ini merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional tetapi akan segera meninjau posisinya, katanya.

Sebagian besar infeksi cacar monyet sejauh ini telah diamati pada pria yang berhubungan seks dengan pria, usia muda, terutama di daerah perkotaan, menurut WHO.

Ini sedang menyelidiki kasus kemungkinan penularan seksual tetapi mempertahankan penyakit ini terutama menyebar melalui kontak dekat.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi