Presiden Sri Lanka Akan Mengundurkan Diri Pada 13 Juli 2022

Presiden Sri Lanka Akan Mengundurkan Diri Pada 13 Juli 2022
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa (tengah) berpidato di depan negara selama perayaan Hari Kemerdekaan ke-74 Sri Lanka di Kolombo pada 4 Februari 2022. (AFP/Ishara S Kodikara)

Analisadaily.com, Kolombo - Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, bersiap untuk menyerahkan kekuasaan setelah dia melarikan diri dari pengunjuk rasa yang menyerbu rumahnya, memaksanya untuk mengumumkan pengunduran dirinya.

Peristiwa pada hari Sabtu (9/7) adalah puncak dari protes anti-pemerintah selama berbulan-bulan yang dipicu krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang membuat negara kepulauan Asia Selatan bangkrut, dan kemarahan atas korupsi klan Rajapaksa yang berkuasa.

Ratusan ribu orang telah berkumpul di ibu kota, Kolombo, untuk menuntut pemerintah bertanggung jawab atas kesalahan pengelolaan keuangan negara, dan untuk melumpuhkan kekurangan makanan dan bahan bakar.

Setelah menyerbu gerbang istana kepresidenan, massa pengunjuk rasa berjalan melalui kamarnya, dengan beberapa di antara kerumunan yang riuh melompat ke kolam kompleks.

Yang lain terlihat tertawa dan bersantai di kamar tidur yang megah di kediaman itu, dengan salah satu mengeluarkan apa yang dia klaim sebagai celana dalam Rajapaksa.

Setelah melarikan diri, Rajapaksa naik kapal angkatan laut di pelabuhan Kolombo dan dibawa ke perairan selatan pulau itu, di mana dia mengatakan akhirnya akan tunduk pada tuntutan agar dia mundur.

"Untuk memastikan transisi damai, presiden mengatakan dia akan mundur pada 13 Juli," kata ketua parlemen, Mahinda Abeywardana dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi dilansir dari Channel News Asia, Minggu (10/7).

Rajapaksa harus dikeluarkan dari kediamannya oleh pasukan yang melepaskan tembakan ke udara untuk mencegah kerumunan orang di luar. Segera setelah para pengunjuk rasa menyerbu istana kepresidenan, kantor pinggir laut Rajapaksa di dekatnya juga jatuh ke tangan para pengunjuk rasa.

Perdana Menteri, Ranil Wickremesinghe, orang pertama yang menggantikan Rajapaksa, mengadakan pertemuan dengan para pemimpin politik dan mengatakan dia bersedia mundur untuk membuka jalan bagi pemerintah persatuan.

Tapi itu gagal menenangkan pengunjuk rasa, yang menyerbu kediaman pribadi perdana menteri dan membakarnya setelah malam tiba.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan kerumunan bersorak-sorai atas kobaran api, yang terjadi tak lama setelah detasemen keamanan yang menjaga Wickremesinghe menyerang beberapa wartawan di luar rumah.

Tidak ada korban yang dilaporkan dalam kebakaran sejauh ini, dan polisi mengatakan Wickremesinghe dan keluarganya sedang pergi pada saat itu. Pengumuman pengunduran diri Rajapaksa diatur untuk memicu perebutan kekuasaan.

Amerika Serikat pada hari Minggu mendesak para pemimpin Sri Lanka untuk bertindak cepat untuk mencari solusi jangka panjang.

"Parlemen Sri Lanka untuk mendekati saat ini dengan komitmen untuk kemajuan bangsa, bukan salah satu partai politik," kata juru bicara Departemen Luar Negeri saat Menteri Luar Negeri, Antony Blinken mengunjungi Thailand.

Pasukan keamanan berusaha untuk membubarkan kerumunan besar yang telah mengerumuni distrik administratif Kolombo pada hari sebelumnya, dengan puluhan terluka dalam bentrokan yang dihasilkan.

Seorang juru bicara rumah sakit utama Kolombo mengatakan tiga orang dirawat karena luka tembak, bersama dengan 36 lainnya menderita kesulitan bernapas setelah terperangkap dalam rentetan gas air mata.

Sri Lanka telah menderita selama berbulan-bulan kekurangan barang-barang pokok, pemadaman listrik yang berkepanjangan dan inflasi yang tinggi setelah kehabisan mata uang asing untuk mengimpor kebutuhan.

Pemerintah telah gagal membayar utang luar negeri senilai US$51 miliar dan sedang mencari dana talangan Dana Moneter Internasional. Sri Lanka hampir kehabisan persediaan bensin yang sudah langka, dan orang-orang yang tidak dapat melakukan perjalanan ke ibu kota mengadakan protes di kota-kota lain di seluruh pulau itu pada hari Sabtu.

Demonstran telah mempertahankan kamp protes selama berbulan-bulan di luar kantor Rajapaksa menuntut pengunduran dirinya. Kamp tersebut merupakan tempat bentrokan pada bulan Mei ketika sekelompok loyalis Rajapaksa menyerang pengunjuk rasa damai yang berkumpul di sana.

Sembilan orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka setelah kekerasan memicu pembalasan terhadap massa pro-pemerintah dan serangan pembakaran di rumah-rumah anggota parlemen.

Kerusuhan terjadi di akhir tur kriket Australia yang sedang berlangsung di Sri Lanka, dengan pasukan Pakistan juga berada di pulau itu untuk seri mendatang mereka.

Pejabat kriket mengatakan tidak ada rencana untuk mengubah jadwal mereka, menambahkan bahwa olahraga itu tidak terpengaruh oleh gejolak politik.

"Tes Australia akan segera berakhir dan kami akan memulai seri Pakistan," kata seorang pejabat papan kriket kepada AFP.

"Tidak ada oposisi untuk mengadakan pertandingan. Faktanya, penggemar mendukung dan kami tidak punya alasan untuk menjadwal ulang," ujarnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi