SolidBang RI Safari Kerukunan Umat Beragama di Kuil Umat Hindu Shri Mariamman

SolidBang RI Safari Kerukunan Umat Beragama di Kuil Umat Hindu Shri Mariamman
SolidBang RI melakukan safari kerukunan umat beragama di Kuil Umat Hindu Shri Mariamman (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Solidaritas Kebhinnekaan dan Kebangsaan RI atau SolidBang RI mengadakan Safari Ke-2 Kerukunan Umat Beragama di Enam rumah ibadah di Sumatera Utara.

Safari ini diadakan mulai dari tanggal 19 Juli 2022 hingga 17 Agustus mendatang. Adapun safari Kerukunan Umat Beragama ini akan diadakan pada enam rumah ibadah yang mewakili enam agama yang diakui di Indonesia dan akan ditutup dengan diselenggarakan Doa Lintas Agama di Peace Home, Kompleks Masjid Mubarak.

SolidBang RI kembali melakukan safari kerukunan umat beragama yang kedua kali di Kuil Umat Hindu Shri Mariamman, jalan Teuku Umar, Medan, Minggu (24/7/2022).

Safari ini dihadiri oleh Tokoh Lintas Agama diantaranya Ust. Muh. Idris, dan Ust. Nasrun mewakili Tokoh Agama Islam, Drs. Gregorius mewakili Tokoh Agama Khatolik, Romo Pandita Kok Hong mewakili Tokoh Agama Buddha, Pdt. Arfan Padang mewakili Tokoh Agama Kristen, Js. Rudy Yap mewakili Tokoh Agama Konghucu, Pandita Chandra Bose selaku Pimpinan Kuil Shri Mariamman yang mewakili Tokoh Agama Hindu.

Pandita Chandra Bose S.Sos memberikan Ponade sebagai penghargaan kegiatan safari (ist)
Dody Lukas menuturkan bahwa safari kerukunan umat beragama ini adalah awal kegiatan dari SolidBang RI, kami memperkenalkan dan menjabarkan visi, misi dan program kerja kami secara detail sehingga seluruh pengurus dapat memahami lebih detail pergerakan Komunitas Solidaritas Kebangsaan RI ini.

"Kami hadir di Indonesia untuk mengkampanyekan toleransi, solidaritas dan kebangsaan RI," ucapnya

Pada kegiatan kali ini, Dody Lukas menjelaskan lebih detail mengenai penjabaran visi dan misi komunitas lintas agama, suku, bangsa dan masyarakat ini.

Visi adalah sesuatu yang ingin dicapai dimasa depan, sesuatu yang belum terlihat namun sudah diyakini akan terlaksana. Sedangkan misi adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dimasa sekarang dengan tujuan visi terlaksana secepat mungkin, ungkap Dody Lukas.

"Pertemuan yang sangat indah dan menyejukkan hati, kita jangan memandang dari sudut pandang kita tetapi semuanya dipandang dari bagaimana sudut pandang Tuhan menciptakan perbedaan itu, dan utamakanlah kasih dalam segala perbedaan itu, karena berbeda itu indah," ujar Drs. Gregorius M Lumbanbatu yang juga merupakan Dewan Pembina Agama Khatolik SolidBang RI.

"Jadi lahirnya SolidBang RI ini diharapkan akan menjadi wadah pemersatu bangsa," tambahnya

Di akhir safari, Pandita Chandra Bose S.Sos memberikan Ponade sebagai penghargaan atas kegiatan Safari Kerukunan Umat Beragama, Solidaritas Kebangsaan RI.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi