Rela Tinggalkan Pekerjaan Kantoran Demi Berjualan Aqua

Rela Tinggalkan Pekerjaan Kantoran Demi Berjualan Aqua
AQUA Home Service (AHS) Keluarga, milik Syahbeni (48) di jalan Brigjend Katamso, Kecamatan Medan Maimun. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Di sebuah ruko di jalan Brigjend Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Syahbeni (48), pemilik AQUA Home Service (AHS) Keluarga, sedang membantu pekerjanya mempersiapkan AQUA kemasan sebelum dikirim ke pelanggan. Ia teliti memperhatikan kebersihan dan keamanan produk sebelum sampai di tangan pelanggan.

“Bagi saya pelayanan yang baik kepada pelanggan merupakan salah satu kunci sukses dalam pengelolaan AHS,” ujar Syahbeni yang akrab dipanggil Beni.

Kata dia, AHS Keluarga ini awalnya dijalankan almarhumah ibunya pada tahun 2011. Pada waktu itu anak-anaknya sepulang kerja dari kantor ikut membantu mengangkat galon atau membantu pekerjaan lain. Kemudian November 2012 saat akan dipindahkan ke Palembang oleh perusahaan logistik tempatnya bekerja, ia memutuskan untuk berhenti dan mulai sepenuhnya mengelola AHS Keluarga.

"Dan kini AHS telah menjadi milik saya sepenuhnya,” kisah Syahbeni.

Perjalanan Syahbeni bersama AHS Keluarga boleh dibilang harus melewati perjuangan dan kerja keras. Awalnya ia selalu menyempatkan diri sejam sehari untuk menyebarkan kartu nama atau flyer berisi keterangan tentang AHS Keluarga yang digantungnya pada pagar-pagar rumah di komplek sekitar Kecamatan Medan Maimun. Alhasil pelanggan pun mulai meningkat secara bertahap.

“Pada saat mulai menjalankan AHS Keluarga kami hanya mampu mengambil 50 galon per bulan. Itu pun tidak habis dalam sebulan. Namun seiring dengan peningkatan pelanggan kami mampu menjual 10 ribu galon dalam sebulan,” jelas Syahbeni.

Hasil menggembirakan

Keuletan Syahbeni jelas membuahkan hasil menggembirakan. Dibantu 7 orang yang menangani pengantaran produk, 7 betor (becak motor) sebagai sarana pengantaran, dan seorang tenaga administrasi ia mampu mengantongi penghasilan sekitar Rp45 juta sebulan dari penjualan AQUA kemasan galon, botol, dan gelas. Itu pun belum termasuk penjualan elpiji.

Itulah salah satu bentuk pengembangan ekonomi masyarakat (economic development) yang dilaksanakan Danone-AQUA, yaitu melalui program AHS (AQUA Home Service).

“Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat, terutama para ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa meninggalkan rumah. Yang tertarik untuk ikut program hanya perlu menyediakan tempat, modal yang tidak terlampau besar, dan keinginan menjual dan menyebarluaskan pola hidup sehat melalui produk-produk AQUA. Kami akan mempersiapkan sarana penjualan, seperti papan nama, ambalan untuk penyusunan galon, dan edukasi untuk dapat melayani pelanggan dengan baik,” jelas Regional Sales Manager Danone-AQUA wilayah Sumatera, Hendro Marpaung.

Kepedulian Danone-AQUA terhadap masyarakat melalui program AQUA Home Service ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian sosial dan modal sosial. Pelaksanaan program selalu menitik beratkan pada peran aktif masyarakat. Selain AHS dapat memajukan ekonomi keluarga, AHS juga berperan penting dalam memenuhi kebutuhan air minum berkualitas masyarakat Indonesia dan memastikan produk asli sampai ke tangan konsumen.

"Para pengelola AHS dapat ikut mengalirkan kebaikan kepada masyrakat luas untuk selalu mengkonsumsi produk AQUA berasal sumber air yang terlindungi, mengandung mineral alami yang terjaga baik, dan proses produksi yang aman dan higienis," tambah Hendro.

Dengan demikian visi Danone-AQUA “One Planet One Health” yang meyakini bahwa kesehatan bumi dan kesehatan masyarakat selalu memiiki keterkaitan dapat terwujud melalui suatu kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat melalui program AHS ini untuk selalu fokus pada kesehatan dan pelestarian lingkungan.

(HERS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi