Beli Manchester United, Elon Musk: Itu Adalah Lelucon Lama

Beli Manchester United, Elon Musk: Itu Adalah Lelucon Lama
CEO Tesla Elon Musk melihat saat dia mengunjungi lokasi konstruksi gigafactory Tesla di Gruenheide, dekat Berlin, Jerman, 17 Mei 2021. (Reuters/Michele Tantussi)

Analisadaily.com, Amerika - Elon Musk, orang terkaya di dunia, pada Selasa (17/8) menulis di Twitter, bahwa dia membeli klub sepak bola Manchester United, namun tidak memberikan rincian apa pun.

Musk memiliki sejarah menjadi tidak konvensional dan membuat tweet yang tidak sopan, dan tidak segera jelas apakah dia berencana untuk mengejar kesepakatan untuk mengamankan Manchester United.

"Saya membeli Manchester United, selamat datang," kata Musk dalam tweet dilansir dari Reuters dan Channel News Asia.

Namun, setelah cuitan itu dikomentari dengan pertanyaan apakah dia serius, Musk pun langsung memberikan tanggapan di kolom kementarnya.

"Tidak, ini adalah lelucon lama di Twitter. Saya tidak membeli tim olahraga," jawabnya.

Dia kemudian mengatakan, bahwa Manchester United adalah klub favoritnya sejak kecil.

Tim ini dikendalikan oleh keluarga American Glazer. Baik keluarga maupun Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar. Surat kabar Inggris The Daily Mirror melaporkan tahun lalu keluarga Glazer siap untuk menjual klub tetapi hanya jika mereka ditawari lebih dari 4 miliar pound (US$4,84 miliar).

Musk saat ini sedang mencoba untuk keluar dari kesepakatan senilai US$44 miliar untuk membeli perusahaan media sosial tersebut, yang telah membawanya ke pengadilan.

Manchester United adalah salah satu klub sepak bola dengan dukungan terbaik di dunia. Mereka telah menjadi juara Inggris dengan rekor 20 kali dan telah memenangkan Piala Eropa, kompetisi klub paling bergengsi dalam permainan global, tiga kali.

Ketidakpuasan di antara para penggemar di keluarga Glazer yang dianggap kurangnya ambisi untuk mendatangkan pemain-pemain top semakin meningkat setelah klub itu finis di urutan keenam di Liga Utama Inggris musim lalu, sementara rival sekota Manchester City memenangkan gelar kedua berturut-turut.

Klub sepak bola memiliki kapitalisasi pasar $2,08 miliar, pada penutupan pasar saham Selasa. Fans Manchester United dalam beberapa tahun terakhir memprotes keluarga Glazer, yang membeli klub seharga 790 juta pound (US$955,51 juta) pada 2005, karena kesulitan tim di lapangan.

Gerakan anti-Glazer mendapatkan momentum tahun lalu setelah United terlibat dalam upaya yang gagal untuk membentuk Liga Super Eropa yang memisahkan diri.

Beberapa penggemar mendesak Musk untuk membeli Manchester United daripada membeli Twitter. Pada hari Sabtu, Manchester United menderita kekalahan memalukan di Brentford, kebobolan semua empat gol pertandingan dalam 35 menit pembukaan.

Seminggu sebelum United kalah 1-2 dari Brighton & Hove Albion di pertandingan pembuka musim Liga Inggris, menjadikan ini pertama kalinya sejak 1960 tim kebobolan setidaknya enam gol dalam dua pertandingan pertama musim papan atas.

Ini juga pertama kalinya United kalah dalam dua pertandingan pembukaan sejak 1992 ketika tim itu kemudian memenangkan gelar. Musk memiliki sejarah tindakan dan komentar yang tidak biasa, sehingga terkadang sulit untuk mengetahui kapan dia bercanda.

Ambisinya berkisar dari menjajah Mars hingga menciptakan ekonomi energi berkelanjutan baru, dan dalam prosesnya ia telah membangun perusahaan mobil paling berharga di dunia, pembuat kendaraan listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, dan banyak perusahaan kecil. Salah satunya adalah pembuat terowongan bernama Boring Company.

Musk tampaknya merokok ganja di podcast dan melawan regulator AS atas komentarnya tentang rencananya untuk Tesla, termasuk upaya yang ditinggalkan untuk menjadikannya pribadi. Forbes memperkirakan kekayaannya mencapai US$270 miliar.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi