Selama Gelaran Travelin Fest Terjadi Trasaksi Rp 500 Juta

Selama Gelaran Travelin Fest Terjadi Trasaksi Rp 500 Juta
Salah satu pertunjukkan seni dan budaya diacara Travelin Fest di Bandara Soekarno-Hatta (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tangerang - Angkasa Pura II menggelar Travelin Fest di Bandara Soekarno-Hatta pada 13 - 17 Agustus 2022 sebagai upaya mendorong geliat penerbangan dan sektor pariwisata nasional.

Selama 5 hari penyelenggaraan, gelaran Travelin Fest yang terdiri dari ajatng Travel Hub Fair, Local Creative Festival dan Airport Town Festival ini berlangsung lancar dan sukses.

Jumlah peserta Travel Hub Fair sebanyak 24 perusahaan terdiri dari 7 maskapai nasional, 5 maskapai asing, 7 travel agent, 2 hotelier, 2 perusahaan pendukung perjalanan dan 1 perusahaan layanan transportasi.

Airport Town Festival dan Local Creative Festival didukung juga oleh 6 instansi pemerintah kota/kabupaten dari Jakarta, Depok dan Tangerang yang bersama UMKM setempat memperkenalkan lebih dari 3.800 produk UMKM.

President Director AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan ini kali pertama sepanjang sejarah AP II menggelar Travelin Fest yang merupakan ajang travel fair.

“Ini kali pertama bagi AP II dalam menggelar travel fair, dan menjadi pengalaman yang baik bagi kami untuk dapat membuat Travelin Fest semakin baik. Kami mendapat beragam masukan dari peserta, dan secara umum para peserta cukup puas terhadap penyelenggaraan Travelin Fest 2022," ujar Awaluddin, Senin (22/8).

Para peserta juga mengungkapkan ingin kembali berpartisipasi jika Travelin Fest kembali digelar. Melihat respons yang ada dan memperhatikan berbagai masukan, maka AP II menetapkan Travelin Fest akan digelar setiap tahun.

"Ini sebagai upaya terus menggeliatkan penerbangan dan pariwisata nasional, dan tentunya dengan juga dilakukan berbagai perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaannya,” sambung.

Kata dia, Travelin Fest ini juga bagian dari upaya perseroan dalam mendorong pertumbuhan ekosistem pariwisata, secara bersama-sama, termasuk maskapai travel agent dan UMKM.

"Kami berharap inisiatif ini ke depannya juga bisa digelar di setiap kota dan di setiap bandara," ujarnya.

Adapun total transaksi pada penyelenggaraan Travelin Fest yang terdiri dari Travel Hub Fair, Local Creative Festival dan Airport Town Festival mencapai sekitar Rp 500 juta.

“Kami sangat bersyukur dalam 5 hari penyelenggaraan, total transaksi pada Travelin Fest yang baru pertama kali digelar ini mencapai sekitar Rp500 juta. Kami berharap nilai transaksi ini akan semakin meningkat pada penyelenggaraan Travelin Fest berikut-berikutnya,” papar Awaluddin.

Travelin Fest tempat satu atap yang menyediakan berbagai kebutuhan traveler untuk melakukan perjalanan wisata. Di Travelin Fest ditawarkan tiket penerbangan dengan harga khusus, paket perjalanan dengan harga khusus, serta fasilitas penunjang perjalanan wisata.

Pengunjung juga dapat menemui beragam produk lokal dan UMKM yang berkualitas. Penyelenggaraan Travelin Fest juga mendapat Rekor Dunia MURI sejalan dengan jumlah produk lokal yang ditampilkan di ajang ini mencapai lebih dari 3.800 produk.

(TRY/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi