DKI Jakarta Siap Dongkrak Kunjungan Wisatawan Domestik

DKI Jakarta Siap Dongkrak Kunjungan Wisatawan Domestik
Press conference Jakarta Travel Fair 2022 di Medan, Rabu (24/8). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Jakarta terus berbenah dan melakukan pembaharuan di setiap sudut kota, meningkatkan fasilitas dan layanan wisata urban perkotaan bagi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai generasi. Mulai dari wisata sejarah, belanja, alam, kuliner, hingga transportasi publik, seluruhnya tersedia di Jakarta.

Arsitektur tata kota yang ramah, inklusif, terdigitalisasi, turut mendorong evolusi Jakarta menjadi #kotakolaborasi. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta mengundang seluruh warga Medan serta masyarakat Indonesia menikmati wisata urban Jakarta melalui Jakarta Travel Fair (JTF), 26-28 Agustus 2022 di Atrium Sun Plaza Medan.

Data BPS menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan ke obyek wisata unggulan menurut lokasi di DKI Jakarta lebih dari 5 juta. Dinas Pariwisata dan Ekonomi kreatif menyambut baik animo masyarakat bertandang di Ibu Kota dengan terus membangun secara nyata ide dan konsep kreatif yang menawarkan pengalaman baru dan menjadi oase di tengah Jakarta, termasuk menciptakan paket wisata untuk publik dengan bekerja sama dengan pegiat wisata Jakarta.

Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Hari Wibowo mengatakan bahwa Ibu Kota Jakarta terus meningkatkan tata kelola kota dan berkembang sebagai #kotakolaborasi digital. Layanan MRT dan LRT mempermudah akses yang terintegrasi dengan transportasi kota dan teknologi komunikasi sehingga ramah untuk semua pendatang.

"Berbagai konsep baru ruang ketiga dan wisata urban terus hadir salah satunya taman kota yang turut menjadi rekomendasi tempat wisata, seperti Tebet Eco Park, Taman Ismail Marzuki, Taman Menteng dan taman terbuka lain yang makin nyaman dikunjungi," katanya saat press conference Jakarta Travel Fair 2022 di Medan, Rabu (24/8).

"Selain itu, wisata perkotaan yang tak kalah ikonik seperti Taman Impian Jaya Ancol, Monumen Nasional hingga Wisata Kota Tua yang makin cantik berkat revitalisasi dengan jalur pedestrian sebagai kawasan rendah emisi menjadi pengalaman wisata istimewa. Ayo wisata dan nikmati spesialnya kota Jakarta!," terang Hari.

Hari Wibowo mengungkapkan, wisatawan domestik menjadi target prioritas untuk menikmati kemajuan Jakarta, terlebih dengan banyaknya transportasi dan akomodasi untuk mencapai Jakarta menjadi lebih mudah.

"Ditambah beberapa proyek besar revitalisasi telah selesai dan siap menerima kunjungan wisatawan dengan fasilitas lengkap. Kami yakin Jakarta dengan wisata urbannya mampu menjadi magnet bagi wisatawan domestik hadir dan menikmati evolusi Jakarta," ungkapnya.

Ketua ASITA Provinsi Sumatera Utara, Solahuddin Nasution menjelaskan bahwa wisatawan Medan dan Sumatera Utara memiliki karakter yang unik saat mengunjungi Jakarta. Wisata urban perkotaan yang trendy dan wisata belanja menjadi daya tarik utama, night life dan kuliner Jakarta juga menjadi andalan yang selalu dicari oleh wisatawan domestik, seperti para pengunjung dari Medan.

"Banyaknya ruang ketiga yang inklusif di Jakarta dan populer hampir di seluruh Indonesia tentu juga memberikan pesona tersendiri bagi masyarakat daerah. Berswa foto di JPO Phinisi, selfie di Dukuh Atas atau SCBD, menaiki MRT dan Busway, hingga menikmati Kota Tua akan berikan kegembiraan tersendiri saat menikmati Ibu Kota," jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony menambahkan bahwa agenda Jakarta Travel Fair 2022 menjadi pemicu semangat Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara untuk lebih aktif ke depan melakukan pembenahan dan mempromosikan sektor pariwisata yang ada di Medan dan Sumatera Utara secara umum. Menerapkan tata kota yang sesuai dengan karakter kota Medan dan dapat berkontribusi positif membantu penyerapan dan pemulihan wisata dan ekonomi.

"Kami mendukung penuh pelaksanaan Jakarta Travel Fair 2022, mengingat aktivitas wisata optimal memiliki peran bagi kenaikan jumlah produk domestic bruto (PDB) dan tentunya penyumbang devisa," tambahnya.

Jakarta Travel Fair 2022 akan berlokasi di Atrium Sun Plaza Medan pada 26-28 Agustus 2022, mulai 10.00-21.00 WIB dan menghadirkan banyak hiburan, pertunjukan kesenian, games, program bincang-bincang hingga beragam diskon paket wisata dan belanja serta penampilan dari Saykoji dan Danar Widianto.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi