Hadirkan Program Figur Inspiratif UMKM, BRI Ajak Pelaku Usaha Semakin Bertumbuh

Hadirkan Program Figur Inspiratif UMKM, BRI Ajak Pelaku Usaha Semakin Bertumbuh
Salah satu UMKM binaan BRI (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghadirkan program Figur Inspiratif Lokal (FIL) sebagai komitmen dalam mendorong inklusi dan literasi keuangan kepada pelaku UMKM Tanah Air. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan economic dan social value sebagai bagian mengakselerasi pemulihan ekonomi dengan cara memberdayakan UMKM, khususnya sosok inspiratif.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, FIL ini merupakan program pemberdayaan sebagai bentuk apresiasi kepada figur inspiratif lokal. “Mereka dianggap telah memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak atau pengaruh positif bagi pelaku usaha/UMKM di lingkungan masyarakat sekitarnya,” ujar Supari.

Diharapkan, ke depannya para figur inspiratif yang kompeten tersebut dapat menjadi partner bagi Mantri BRI untuk turut serta dalam akuisisi ekosistem bisnis perseroan. Seperti diketahui, Mantri BRI merupakan sebutan bagi tenaga pemasar mikro. Saat ini, Mantri BRI sudah tersebar di lebih dari 77.327 desa/kelurahan di seluruh Indonesia, dengan jumlah mantri sebanyak 27.086 orang.

Program FIL sendiri telah dilaksanakan oleh perseroan sejak tahun lalu, dengan berbagai kegiatan, berupa bimbingan teknis (bimtek) oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) level IV, yaitu Pendamping UMKM. Untuk tahun ini, terdapat 600 peserta yang telah mengikuti bimtek dan telah dinyatakan kompeten.

Peserta program ini pun datang dari beragam profesi di antaranya kepala desa atau pengurus desa, pengurus Bumdes, ketua atau pengurus kelompok UMKM, tokoh masyarakat dan Agen Ultra Mikro.

“Kami bangga dengan Figur Inspiratif Lokal yang telah kompeten. Mereka aktif berkolaborasi dengan Mantri BRI, serta telah dipercaya oleh dinas-dinas di kabupaten/kota untuk memberikan pendampingan kepada UMKM,” tambahnya.

Perseroan optimistis, program ini akan terus diselenggarakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini sejalan dengan dampak positif program FIL 2022 bagi UMKM, sekaligus visi dan misi perseroan untuk terus Memberi Makna Indonesia.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi