Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PLN Dukung UMKM di Desa Kolam Melalui TJSL

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PLN Dukung UMKM di Desa Kolam Melalui TJSL
Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PLN Dukung UMKM di Desa Kolam Melalui TJSL (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan, PT PLN UIP3BS UP2B SUMBAGUT menjalankan program peningkatan ekonomi masyarakat dengan bantuan pengembangan UMKM di Desa Kolam, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) di tahun 2022 ini.

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Temu Kreatif Desa Kolam adalah kelompok penerima program TJSL ini. Program berupa bantuan modal pengembangan usaha sebesar Rp 60 juta. Ada 3 jenis usaha yang dikembangkan melalui program ini, yaitu (1) pengembangan usaha sentra Talenan Kayu, (2) Usaha Kue Bakpia Tape, dan (3) Usaha Aneka Keripik.

Peresmian penyerahan bantuan pengembangan usaha tersebut dilakukan oleh Manajer PT PLN UIP3BS UP2B SUMBAGUT Andi Makkuradde di aula kantor Kepala Desa Kolam pada Selasa 27 September 2022 lalu.

“Program TJSL ini diharapkan dapat terus berkelanjutan dan berkembang sehingga dapat membangun tingkat perekonomian masyarakat Desa Kolam dengan potensi lokal yang dimilikinya,” ujar Andi Makkuradde, Kamis (29/9).

Program TJSL ini dilaksanakan di Desa Kolam, karena desa ini menyimpan banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi warganya. Usaha Talenan kayu sudah berjalan lama tetapi masih diproduksi secara manual dan tradisional, dengan bantuan program TJSL maka lahir produk Talenan yang baru dan lebih modern sehingga mampu masuk ke pasar yang lebih luas.

Produk aneka keripik awalnya hanya dikemas dan diproduksi secara terbatas, dengan adanya program ini telah mendapat bantuan ragam alat produksi dan kemasan yang lebih menarik.

Demikian juga Desa Kolam dikenal sebagai sentra tape singkong. Dengan adanya bantuan program TJSL maka lahir usaha baru yaitu pengolahan tape singkong menjadi produk kue Bakpia Tape khas Desa Kolam.

“Menurut saya kualitas Bakpia Tape rasanya enak, sangat khas dan sudah sangat layak untuk dipasarkan lebih luas,” ungkap Jupri Purwanto, Kepala Desa Kolam memberikan pujian saat menyampaikan sambutan.

Dalam sambutanya, Jupri Purwanto mengucapkan terima kasih kepada PT. PLN (Persero) UIP3BS UP2B SUMBAGUT atas dukungan program TJSL yang dilaksanakan di Desa Kolam.

“Ini sangat mendukung kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di Desa Kolam,” ujarnya.

“Terima kasih atas bantuan dari program TJSL PLN Peduli untuk kemajuan UMKM kami hingga menjadi seperti sekarang ini,” tutur Siti Rusiam, salah seorang pengurus KUB Temu Kreatif.

Seusai acara peresmian program bantuan TJSL di aula kantor Kepala Desa, Tim bergerak melakukan kunjungan lapangan ke lokasi produksi sentra talenan kayu di dusun Pertiwi, rumah produksi bakpia tape, dan rumah produksi usaha aneka keripik di dusun Sukmo Desa Kolam.

Andi Makkuradee menambahkan bahwa PLN akan terus berkomitmen membantu perbaikan perekonomian masyarakat secara langsung dengan program-program TJSL.

“Diharapkan program ini akan membantu memulihkan ekonomi dan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa yang tersebar di Indonesia, terkhusus Desa Kolam sebagai lokasi TJSL tahun 2022 ini” pungkasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi