44 Perusahaan Asuransi Raih Penghargaan Best Insurance 2022

44 Perusahaan Asuransi Raih Penghargaan Best Insurance 2022
44 Perusahaan Asuransi Raih Penghargaan Best Insurance 2022 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Media Asuransi dapat kembali menyelenggarakan pemberian penghargaan Insurance Award secara offline tahun ini, setelah dua tahun (2020 dan 2021) acara Insurance Awarddiadakan secara virtual.

Tahun 2022 ini memberikan penghargaan kepada 44 perusahaan asuransi terbaik berdasarkan kinerja keuangan tahun 2021. Penghargaan yang diserahkan kepada 44 perusahaan asuransi jiwa, asuransi umum, reasuransi dan asuransi yariah full fledged juga unit usaha syariah (UUS).

"Untuk pertama kalinya Media Asuransi memberikan penghargaan kepada asuransi dan reasuransi yang berbentuk UUS," ungkap Pemimpin Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) Mucharor Djalil di Jakarta, Rabu (5/10).

Mucharor Djalil menyampaikan, di tahun 2022 ini ada 18 kategori atau kelompok yang menerima Insurance Award 2022 Media Asuransi, sebanyak 44 perusahaan penerima Best Insurance Award 2022, terdiri dari perusahaan asuransi jiwa, perusahaana asuransi umum, perusahaan reasuransi. Kemudian ada perusahaan asuransi syariah full fledged yaitu perusahaan asuransi jiwa syariah, perusahaan umum syariah, dan perusahaan reasuransi syariah.

"Yang menarik untuk tahun ini adalah Unit Usaha Syariah (UUS) diputuskan oleh Dewan Juri Insurance Award 2022 mendapat Best Insurance Award 2022, yaitu Unit Usaha Syariah Asuransi Jiwa, Unit Usaha Asuransi Syariah Asuransi Umum, dan Unit Usaha Syariah Reasuransi," ungkap Mucharor.

Mucharor menambahkan, ada 132 perusahaan asuransi dan reasuransi serta 44 UUS asuransi dan reasuransi yang diperingkat oleh Media Asuransi tahun 2022 ini. Jumlah terbanyak adalah asuransi umum yakni 67 perusahaan, disusul asuransi jiwa 47 perusahaan, kemudian 13 perusahaan asuransi dan reasuransi syariah, serta 5 perusahaan reasuransi.

Sedangkan untuk UUS terdiri dari 23 UUS asuransi jiwa, 19 UUS asuransi umum, dan 2 UUS reasuransi. Jumlah perusahaan yang diperingkat menurun dibandingkan pada pemeringkatan tahun lalu, yakni 136 perusahaan.

Penurunan ini disebabkan adanya perusahaan yang tidak memenuhi persyaratan untuk diperingkat, karena beberapa perusahaan terlambat mempublikasikan laporan keuangannya, serta ada yang sudah mempublikasikan laporan keuangan namun ekuitasnya kurang dari Rp100 miliar atau RBC kurang dari 120 persen.

Ke-44 perusahaan asuransi yang memperoleh penghargaan tersebut adalah; Best Insurance dengan ekuitas Rp 4 triliun ke atas (Asuransi BRI Life,dan Prudential Life Assurance,dan Panin Dai-ichi Life). Best Life Insurance dengan ekuitas Rp 1,25 triliun - Rp 4 triliun (Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, AXA Mandiri Financial Services, dan Asuransi Jiwa Central Asia Raya).

Best Life Insurance dengan ekuitas Rp 500 miliar - Rp 1,25 triliun (Asuransi Jiwa Astra, Great Eastern Life Indonesia, dan Sun Life Financial Indonesia). Besr Life Insurance dengan ekuitas di bawah Rp 500 miliar (Perta Life Insurance, Pacific Life Indonesia, dan Victoria Alife Indonesia).

Best General Insurance dengan ekuitas Rp 1,5 triliun ke atas (Asuransi Multi Arta Guna, Asuransi Tugu Pratama Indonesia, dan Asuransi Bina Dana Arta). Best General Insurance dengan ekuitas Rp 1 triliun - Rp 1,5 trliun (Asuransi Tokio Marine Indonesia, BRI Asuransi Indonesia, dan Asuransi MSIG Indonesia).

Best General Insurance dengan ekuitas Rp 500 miliar - Rp 1 triliun (Lippo General Insurance, Great Eastern General Insurance Indonesia, Asuransi Umum BCA). Best General Insurance dengan ekuitas Rp 300 miliar - Rp 500 miliar (Asuransi Simas Insurtech, Asuransi Umum Mega, dan Asuransi Maximus Graha Persada).

Best General Insurance dengan ekuitas Rp 200 miliar - Rp 300 miliar (Asuransi Candi Utama, Asuransi Artarindo, dan Meritz Korindo Insurance). Best General Insurance dengan ekuitas Rp 100 miliar - Rp 200 miliar ( Avrist General Insurance Asuransi Bhakti Bhayangkara, dan Asuransi Harta Aman Pratama).

Sedangkan Best Reinsurance 2020 adalah; (Reasuransi Nusantara Makmur, dan Reasuransi Maipark Indonesia,Tugu Reasuransi Indonesia).

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi