Aplikasi Kasir dan Manfaat Untuk Bisnis

Aplikasi Kasir dan Manfaat Untuk Bisnis
Aplikasi Kasir Majoo (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Perkembangan teknologi setiap harinya berjalan dengan cepat sehingga kini banyak aplikasi yang dapat membantu aktivitas manusia. Begitu juga dalam bidang bisnis, salah satu terobosan dengan munculnya aplikasi kasir yang dapat membantu operasional bisnis.

Apa itu aplikasi kasir? Biasa disebut dengan POS (point of sales), aplikasi ini merupakan sebuah program yang dapat menggantikan mesin kasir konvensional. Yang mana fungsi utamanya adalah untuk membantu melakukan transaksi penjualan.

Masalah keuangan kerap kali menjadi penyebab perusahaan mengalami kebangkrutan. Tetapi dengan pengelolaan keuangan yang rapih, maka transaksi keuangan akan tercatat dengan baik dan tidak menimbulkan kesalahan dalam akutansi bisnis, seperti halnya dalam mengelola secara manual.

Apa Itu Aplikasi Kasir?

Ketika bisnis semakin berkembang dan pengunjung yang datang semakin ramai, maka sebagai pemilik bisnis pasti akan direpotkan dengan transaksi penjualan. Tetapi karena perkembangan teknologi yang semakin maju diatasi dengan aplikasi kasir atau POS.

Lalu, apa itu aplikasi kasir? Aplikasi ini adalah sistem teknologi berbasis software yang dipakai untuk melakukan transaksi penjualan. Dengan menggunakan sistem aplikasi kasir terbaik kamu bisa mengawasi transaksi penjualan tanpa harus menggunakan mesin kasir.

Secara garis besar, sistem POS akan membantu proses pembayaran menjadi lebih terintegrasi. Sehingga aplikasi kasir dapat digunakan mencatat semua transaksi baik penjualan kepada konsumen ataupun pembelian dari supplier.

Bahkan sekarang ini aplikasi kasir dengan banyak fitur yang canggih, sehingga fitur-fitur pada sistem POS semakin dikembangkan menjadi lebih lengkap dan kompleks. Bukan hanya bisa dipakai untuk mencatat transaksi penjualan, tetapi juga bisa diintegrasikan untuk pelaporan keuangan dan pengendalian kas.

Keuntungan Peggunaan Aplikasi Kasir

Jika kamu tengah membangun usaha, maka aplikasi kasir tentu sangat berguna untuk membantu operasional usaha. Lantas apa sih keuntungan yang didapat dengan menggunakan sistem POS dalam mengembangkan usaha:

Sistem Keamanan

Ketika kamu telah memiliki usaha yang besar dengan banyak anak cabang, kamu tentu harus memberikan kepercayaan pada seseorang untuk menjalankannya. Namun memberi tanggung jawab usaha kamu pada orang terpercaya saja tidak cukup.

Pasti ada kekhawatiran akan keamanan usaha seperti masalah kebocoran keuangan. Dengan menggunakan aplikasi atau POS ini kamu dapat menghindari masalah ini sekaligus turut memantau usaha kapan saja.

Pencatatan Transaksi Cepat dan Akurat

Dengan menggunakan aplikasi kasir maka kamu dapat mempercepat proses transaksi dan pastinya laporan transaksi akan terdata secara akurat. Yang mana ini akan membuatnya lebih cepat dan akurat tanpa perlu menghitung secara manual.

Kamu tentu akan sangat terbantu dalam pencatatan stok karena laporan transaksi penjualan akan tersimpan secara otomatis serta pencatatan stok barang akan lebih akurat.

Analisis Bisnis

Gagalnya sebuah usaha seringkali disebabkan karena tidak adanya analisis dan laporan bisnis yang akurat dan cepat. Hal ini memang akan sulit dilakukan jika semuanya masih manual. Namun dengan adanya sistem POS dalam membantu usaha, analisis bisnis dan laporan bisa didapat dengan cepat dan akurat.

Pengendalian Kas

Salah satu fitur dalam aplikasi kasir adalah pengendalian kas. Fungsinya yang dapat mencatat semua transaksi secara cepat dan akurat, kamu bisa terbantu dalam mengendalikan kas keuangan. Sistem POS ini akan memberikan perhitungan lengkap mengenai jumlah semua total transaksi pada setiap hari, minggu, bulan, bahkan tahunnya.

Kamu dapat mengetahui kapan harus membelikan kas untuk stok atau penambahan cabang usaha.

Peningkatan Bisnis

Tujuan utama dari dibangunnya sebuah usaha adalah untuk dapat memperoleh keuntungan. Demi meningkatkan keuntungan ini, bisnis harus dikembangkan agar menjadi lebih besar. Dengan manfaat-manfaat yang dimiliki aplikasi kasir seperti majoo maka kamu bisa melakukan pencatatan transaksi, analisis keuangan, sistem keamanan dan lainnya maka secara tidak langsung turut mendorong jalannya usaha.

Aplikasi Penyimpan Data

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah Anda bisa menyimpan data dalam jumlah yang banyak hingga ribuan, jutaan dan bahkan milyaran. Penyimpanan ini juga sangat praktis, di mana kamu bisa mengakses dan membuka data yang di simpan kapanpun dan di mana pun diinginkan.

Untuk menjalankan aplikasi ini tergolong sederhana dan tidak rumit karena telah dirancang mudah untuk penggunanya.

Tampil Lebih Modern dan Kekinian

Penggunaan sistem aplikasi kasir menjadikan perusahaan atau bisnis yang kamu rintis akan beroperasional lebih modern dan canggih. Kecanggihan teknologi sebagai kasir cerdas di usaha kamu dapat memberi kesan yang modern. Sehingga usaha Anda tampak lebih kekinian dan memiliki nilai plus tersendiri.

Aplikasi kasir sekarang ini banyak yang tersebar di pasaran. Lantas bagaimana caranya kamu memilih aplikasi kasir terbaik yang dapat membantu bisnis kamu. Salah satu yang direkomendasikan adalah aplikasi kasir majoo.

Kelebihan Aplikasi Majoo

Seperti aplikasi Point of Sales lainnya, majoo memiliki banyak fitur yang menjadikan aplikasi ini memiliki keistimewaan yang membuatnya unggul dibandingkan aplikasi yang lain. Dengan banyaknya pilihan aplikasi POS, berikut ini adalah kelebihan majoo yang akan didapatkan apabila memilih aplikasi satu ini.

Mudah Digunakan

Kelebihan pertama dari aplikasi majoo adalah mudah digunakan. Tidak seperti kebanyakan software atau aplikasi POS, majoo memiliki tampilan interface yang sangat familiar dan mudah digunakan oleh siapa saja. Sehingga, aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis yang baru dalam menggunakan platform digital satu ini.

Kemudian, majoo juga bisa diakses di berbagai devices, seperti smartphone, tablet, hingga PC. Hal ini juga memudahkan para pelaku usaha mikro dan menengah yang masih terbatas secara perangkat untuk mendapatkan kemudahan mengelola usaha.

Fitur Lengkap

Keunggulan yang lain dari aplikasi kasir majoo adalah menyediakan berbagai fitur yang lengkap untuk menunjang bisnis para pelaku usaha. Di antaranya ada aplikasi kasir online, aplikasi inventori, aplikasi karyawan, aplikasi CRM, aplikasi akuntansi, aplikasi analisa bisnis, aplikasi owner, dan aplikasi toko online.

Fitur-fitur ini tentunya dapat membantu kamu dalam mengelola usaha, mulai dari memproses transaksi, mengelola stok, absensi karyawan, memantau kondisi usaha, hingga mencatat biaya dan pengeluaran.

Teknologi E-Commerce

Keunggulan lain yang tidak ditemui oleh aplikasi kasir yang lain adalah adanya fitur teknologi e-commerce. Dimana pengguna aplikasi yang berjual online dapat menggunakan omnichannel, dimana teknologi ini akan membantu para UMKM untuk bisa berjualan di secara online.

Tak hanya itu, fitur tersebut juga memungkinkan pengguna aplikasi kasir untuk membuat website sendiri. Sehingga pelaku usaha tidak harus mengeluarkan biaya lagi untuk membangun website atau toko online. Bahkan aplikasi kasir ini bisa mengintegrasikan ke marketplace, seperti GrabFood, Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Biaya Terjangkau dengan Pilihan Paket Beragam

Untuk dapat menikmati kemudahan mengelola usaha dengan majoo, kamu memang perlu membayar biaya langganan atau layanan tambahan. Tapi, jangan khawatir, karena biaya berlangganan majoo cukup terjangkau dibandingkan aplikasi POS lain pada umumnya.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi