LPP Agro Nusantara Medan Gelar PLDP Pendukung Bisnis Angkatan IV

LPP Agro Nusantara Medan Gelar PLDP Pendukung Bisnis Angkatan IV
PESERTA "Plantation Leadership Development Program (PLDP) Pendukung Bisnis Angkatan IV" bersama Wakil Pemimpin Redaksi Analisadaily.com, Guntur Adi Sukma, yang menjadi narasumber (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - LPP Agro Nusantara Wilayah Medan melaksanakan "Plantation Leadership Development Program (PLDP)" atau Program Pengembangan Kepemimpinan Perkebunan Bidang Pendukung Bisnis Angkatan IV periode 25 September-13 Oktober 2023 yang dilaksanakan di LPP setempat.

Pengelola PLDP Angkatan IV, Habib Prayitno, dalam keterangannya kepada Analisadaily.com, Sabtu (7/10), mengatakan, peserta program pelatihan ini sebanyak 13 orang yang berasal dari beberapa PTPN, yakni PTPN I, PTPN II, PTPN IV, PTPN V, PTPN VI PTPN VII dan PTPN XI.

"Materi yang diberikan kepada peserta beragam, termasuk salah satunya materi prinsip kehumasan atau public relations," ujar Habib yang mengelola program ini bersama Junita Elisabet dan dibantu asisten, Harun Al Rasyid dan Ria Maulida.

Dalam sesi pelatihan yang berlangsung Sabtu (7/10), materi tentang "Prinsip Kehumasan" disampaikan oleh Wakil Pemimpin Redaksi Analisadaily.com Medan, Guntur Adi Sukma. Materi yang dikupas ialah Prinsip Dasar Kehumasan, Perencanaan Program Humas dan Manajemen Media yang meliptui publikasi citra baik perusahaan dan mengelola isu negatif.

Dalam paparannya, Guntur Adi Sukma yang juga merupakan Sekretaris Harian "Analisa" menyampaikan, citra dan reputasi yang hendak dicapai dibangun sebuah organisasi atau perusahaan, salah satunya sangat bergantung kepada kinerja dan profesionalitas humas.

"Tujuan utama humas atau public relations adalah mencapai tujuan organisasi atau perusahaan berlandaskan niat baik (good will) dan kerja sama dengan seluruh khalayak atau publik, baik internal maupun eksternal," ujarnya.

Dalam merencanakan program kerjanya, humas dituntut untuk merancang dan merealisasikan program strategis atau jangka panjang maupun taktis atau jangka pendek. Program yang disusun sebaiknya bersifat dari bawah ke atas (bottom up) dan mencerminkan visi, misi dan program perusahaan.

Terkait publikasi citra baik dan mengelola isu negatif, disampaikannya, praktisi humas dituntut untuk selalu membangun dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memahami kebijakan perusahaan serta berpedoman kepada ketentuan yang berlaku, termasuk saat menghadapi pers atau wartawan "abal-abal".

(GAS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi