Komnas PA Anugerahi Deliserdang ‘Kabupaten Responsif Perlindungan Anak’

Komnas PA Anugerahi Deliserdang ‘Kabupaten Responsif Perlindungan Anak’
Komnas PA Anugerahi Deliserdang ‘Kabupaten Responsif Perlindungan Anak’ (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tanjungmorawa - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menganugerahi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang piagam penghargaan sebagai “Kabupaten Responsif Perlindungan Anak” dalam langkah dan upaya keberpihakan terhadap kepentingan anak.

Penghargaan diberikan langsung Ketua Umum Komnas PA Arist Merdeka Sirait diterima Wakil Bupati Deliserdang M A Yusuf Siregar pada pembukaan Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupten Deliserdang di aula Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Tanjung Morawa, Rabu (26/10).

Arist mengatakan, anugerah yang diberikan merupakan bentuk penghargaan Komnas PA kepada Pemkab Deliserdnag yang dinilai cukup responsif terhadap sejumlah permasalahan anak di daerah itu baik dalam memenuhi hak anak maupun melindungi mereka dari segala bentuk kekerasan.

“Ini sebagai bentuk penghargaan kita atas komitmen Pemkab Deliserdang terhadap permasalahan anak serta upaya-upaya pemenuhan hak serta melindungi mereka. Karena respon itu, penghargaan ini kita berikan,” ucapnya.

Anugerah itu terang Arist, bukan sebagai tanda kekerasan dan kejahatan terhadap anak tidak ada. Justru Deliserdang daerah yang sangat tinggi kasus kekerasan terhadap anak. Namun respon dalam menangani kasusnya cukup responsid sehingga langkah-langkah preventif lebih dini dapat dilakukan.

“Deliserdang ini cukup tinggi kasusnya. Tapi kita melihat respon dari pemerintah ini yang perlu diapresiasi,” terang Arist.

Wakil Bupati Ali Yusuf Sirergar mengapresiasi anugerah yang diberikan Komnas kepada Pemerintah Kabupaten Deliserdang sebagai Kabupaten Responsif Perlindungan Anak. Anugerah itu dimaknai sebagai bentuk pengakuan serta motivasi untuk lebih kencang dalam langkah-langkah responsif untuk melindungi anak.

Hadir dalam penganugerahan tersebut Ketua Komnas PA Deliserdang Junaidi Malik, Kadis Kominfostan Miska Gewasari, Kadis P3AP2KB Era Permata Sari, Wakil Ketua Bidang Organissi PWI Sumut Rifki Warisan, Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang dan wartawan peserta seminar.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi