Guardiola Siapkan Julian Alvarez Jika Erling Haaland Absen

Guardiola Siapkan Julian Alvarez Jika Erling Haaland Absen
Erling Haaland (Reuters)

Analisadaily.com, Inggris - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, telah mengungkapkan Erling Braut Haaland "merasa lebih baik" menjelang pertandingan Liga Premier melawan Leicester City di King Power, Sabtu (29/10).

Pemain berusia 22 tahun itu diragukan tampil dalam perjalanan ke Stadion King Power setelah ia ditarik keluar pada babak pertama saat bermain imbang tanpa gol dengan mantan klubnya Borussia Dortmund pada Rabu karena kombinasi kelelahan, sakit, dan cedera kaki ringan.

Guardiola sejak itu memberikan pembaruan positif tentang kondisi pemain Norwegia itu, tetapi menegaskan dia masih tidak yakin apakah striker itu akan fit untuk tampil pada hari Sabtu.

"Haaland merasa lebih baik tetapi kami akan berlatih sore ini dan kami akan menilai dalam beberapa jam. Kami akan melihat bagaimana perasaannya di kakinya dan kemudian kami akan memutuskan. Saya akan tahu dalam dua jam apakah dia bisa bermain atau tidak," kata Guardiola dilansir dari Reuters dan Sports Mole.

"Setelah pertandingan Dortmund semua orang berlatih dengan baik. Saya harus menunggu orang-orang kembali untuk mengetahui persis bagaimana perasaan mereka," ujarnya.

City sangat bergantung pada nomor sembilan baru mereka di depan gawang sejauh musim ini, dengan mesin gol 6 kaki 5 inci sudah mencetak 22 kali hanya dalam 16 penampilan di semua kompetisi, termasuk 17 gol dalam 11 pertandingan Liga Premier.

Namun, Haaland gagal mencetak gol dalam dua dari tiga penampilan terakhirnya dan dia mungkin tidak dapat menambah golnya pada hari Minggu jika dia dianggap tidak fit untuk tampil melawan The Foxes.

Guardiola telah menyarankan agar Julian Alvarez adalah "opsi pertama" untuk bermain menyerang jika Haaland tidak tersedia untuk seleksi dan bos Citizens yakin pemain Argentina itu dapat menimbulkan ancaman serupa di depan gawang.

“Biasanya jika Erling tidak siap maka Alvarez adalah opsi pertama. Dia bisa memainkan false nine tapi saya pikir ini tidak akan terjadi. Ketika Erling belum siap maka Julian adalah pilihan pertama. Jika dia bermain 90 menit setiap pertandingan, dia akan mencetak gol, mungkin tidak seperti Erling, tapi dia akan mencetak gol," ucap Guardiola.

Guardiola juga telah memberikan pembaruan tentang duo Inggris Kyle Walker dan Kalvin Phillips, yang telah pulih dari operasi pangkal paha dan bahu masing-masing. Pertandingan hari Minggu akan datang terlalu cepat untuk kedua pemain, tetapi Guardiola tetap optimis, terutama tentang Phillips, bahwa mereka dapat kembali tepat waktu untuk mewakili Inggris di Piala Dunia bulan depan.

“Mereka semakin baik, khususnya Kalvin, tetapi mereka berdua keluar,” kata Guardiola. "[Phillips] merasa sangat baik, mobilitas di bahunya sempurna.

“Dia harus menghindari kontak dengan rekan satu timnya saat ini. Jika dia fit dan saya yakin dia bisa bermain maka mungkin dia bisa bermain beberapa menit sebelum Piala Dunia. Mereka positif, optimis, mereka berhubungan dengan Gareth [Southgate]. Saya tidak tahu, semoga mereka bisa siap untuk dipilih," kata dia.

Guardiola juga telah mengkonfirmasi bahwa kiper Ederson akan kembali di antara tongkat setelah menyerahkan Stefan Ortega melawan Dortmund. Skuat The Citizens sesaat akan naik ke puncak klasemen Liga Premier dengan kemenangan atas Leicester, sebelum pemimpin saat ini Arsenal menjamu Nottingham Forest pada hari Minggu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi