Dispora Medan Gelar Pelatihan Wasit Sepak Bola Lisensi C3

Dispora Medan Gelar Pelatihan Wasit Sepak Bola Lisensi C3
Pelatihan Wasit Sepak Bola Lisensi C3 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pemko Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar kegiatan pelatihan Wasit Sepak Bola Lisensi C3 tahun 2022 di Gedung Aula Taman Cadika Medan. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para wasit sepak bola yang ada di Kota Medan dalam memimpin suatu pertandingan.

Pelatihan ini dibuka Kepala Dispora Kota Medan, Pulungan Harahap, diwakili Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Kota Medan, Ika Handayani. Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 10-16 November 2022 ini menghadirkan narasumber Instruktur teknik dari pusat, Riswanda, dan instruktur kebugaran, Zainul Jefri Lubis.

Dijelaskan Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, untuk pembangunan di bidang olahraga tentunya tidak hanya fokus pada satu aspek saja, yakni menciptakan atlet- atlet berprestasi asli daerah, tetapi juga perlu menciptakan wasit yang berkualitas dan berlisensi.

"Kedudukan wasit sangat penting karena untuk mengatur jalannya pertandingan, Kota Medan juga memerlukan wasit yang tegas dan paham akan posisinya sebagai penentu pertandingan dan mengawal pertandingan agar tetap pada jalur," jelasnya.

Ditambahkan Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, melalui pelatihan ini juga diharapka Medan harus dapat menjadi kota yang memiliki basis wasit sepak bola andal, sportif, dan mampu bertindak adil saat pertandingan berlangsung.

"Pelatihan wasit sepak bola C3 ini merupakan tingkat dasar seorang wasit untuk memimpin suatu pertandingan sepak bola antardaerah kabupaten/kota. Peserta pelatihan ini berjumlah 40 orang yang berasal dari 21 kecamatan se-Kota Medan," sebutnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi