Percepat Penetrasi Bisnis Retail, Fitur Top Up Gadai Emas Kini Hadir di BSI Mobile

Percepat Penetrasi Bisnis Retail, Fitur Top Up Gadai Emas Kini Hadir di BSI Mobile
Percepat Penetrasi Bisnis Retail, Fitur Top Up Gadai Emas Kini Hadir di BSI Mobile (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Untuk meningkatkan penetrasi bisnis gadai emas, Bank Syariah Indonesia terus melakukan pengembangan melalui platform BSI Mobile dengan meluncurkan fitur top up gadai emas.

Top Up Gadai Emas Online adalah penambahan nominal pembiayaan gadai emas yang dapat diajukan oleh nasabah eksisting melalui BSI Mobile karena nasabah belum mengambil pembiayaan secara maksimal di awal atau karena adanya kenaikan Harga Dasar Emas (HDE) Bank.

Dengan adanya fitur baru tersebut, nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang untuk melakukan top up pembiayaan Gadai Emas. Nasabah juga dapat meminta petugas untuk datang ataupun booking waktu layanan ke Konter Layanan Gadai (KLG BSI) melalui BSI Mobile.

Strategi ini untuk mendorong pertumbuhan bisnis emas yang saat ini mulai marak dipilih masyarakat. Dengan adanya fitur ini, masyarakat dapat top up/menambah pembiayaan emasnya cukup melalui BSI Mobile yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Minat masyarakat terhadap gadai emas di BSI terus mengalami peningkatan, terlihat dari data per September 2022, layanan bisnis emas (gadai dan cicil emas) mencapai Rp 5.75 triliun dengan pertumbuhan mencapai 30,19% year on year. Bisnis Gadai Emas ditargetkan untuk tumbuh sebesar Rp 700 miliar.

“Inovasi top up gadai emas menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk menambah pembiayaan gadai emas secara aman, cepat, sesuai prinsip syariah dan tidak perlu repot datang ke bank konter layanan gadai BSI,” ujar Direktur Retail Banking BSI, Ngatari, Selasa (29/11).

Ngatari menambahkan, “Investasi emas saat ini cukup diminati di berbagai kalangan masyarakat. Harga emas dunia mampu mencatatkan kinerja yang begitu cemerlang. Penguatan harga emas dunia belakangan ini terjadi di tengah kabar bahwa The Fed akan mengendurkan suku bunga. Untuk itu BSI akan terus memaksimalkan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat salah satunya melalui gadai emas dan cicil emas.”

Sebagai informasi, emas yang digadaikan ke BSI aman karena agunan diasuransikan selama periode gadai di BSI, selain itu gadai emas BSI terdaftar resmi di OJK melalui Peraturan OJK perihal Penyelengaraan produk Umum dan juga diatur secara syariah oleh Fatwa Dewan Syariah Nasional tentang Pembiayaan Yang Disertai Rahn.

Untuk mengajukan top up gadai melalui BSI Mobile, saat ini dapat diakses melalui device Android. asabah dapat memilih menu Gadai Emas yang terdapat menu e-mas di BSI Mobile, kemudian menu informasi produk, simulasi pembiayaan, akad digital. Saat transaksi berhasil, nasabah akan menerima Surat Bukti Gadai Digital. Nasabah juga dapat melihat foto agunan yang saat ini disimpan BSI.

Berbagai benefit produk Gadai Emas BSI diantaranya yakni disediakan dalam bentuk perhiasan/lantakan/koin/Dinar, dengan kemudahan proses, kecepatan layanan, biaya pemeliharaan emas yang ringan, tempat penyimpanan emas yang aman, taksiran harga emas yang tinggi dan layanan yang nyaman.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi