Posko Nataru Diperpanjang Arus Balik Via Kualanamu Terus Meningkat

Posko Nataru Diperpanjang Arus Balik Via Kualanamu Terus Meningkat
Sejumlah penumpang pesawat terlihat antrian di counter ticket di Bandara Internasional Kualanamu. (Analisadaily/Kali H Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Posko pelayanan Natal dan tahun baru (Nataru) 2023 di bandara Kualanamu diperpanjang hingga 9Januari 2023.

"Rencana awal ditutup 3 Januari 2023.Namun karena melihat situasi arus balik penumpang pesawat masih tinggi maka diperpanjang ."Kata Humas PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu Yuliana Balqis, Kamis (5/1).

Kata dia, sejauh ini data penumpang pesawat terus meningkat, data per 4 Januari 2023 sekitar 25.103 orang. Kedatangan tercatat sebanyak 11.215 orang dan

keberangkatan 13.888 orang.

Disoal jumlah keseluruhan penumpang pada Nataru, menurutnya belum bisa ditabulasi, sebab belum ditutup posko.

"Nanti ditanggal 9 Januari baru bisa dipastikan berapa jumlah keseluruhan penumpang pesawat via bandara Kualanamu selama Nataru 2023."sebutnya.

Hal senada disampaikan Kapolsek Kawasan Bandara Kualanamu Polresta Deliserdang Iptu Natanael Surbakti. Menurutnya perpanjangan posko Nataru di Kawasan Bandara Kualanamu tidak terlepas dari arus balik masih terlihat meningkat.

"Betul, posko diperpanjang hingga tanggal 9 Januari 2023"sebutnya.

Kata dia, pihaknya terus meningkatkan patroli ke sejumlah titik di kawasan Bandara demi terciptanya kemanaan dan kenyamanan bagi pengguna jasa bandara khusus para penumpang.

Terkait hal menonjol gangguan Kamtibmas kawasan bandara relatif masih aman dan terkendali, sambungnya.

Sejumlah penumpang pesawat mengeluhkan tingginya harga tiket pesawat via bandara Kualanamu. Menurut Heri (25), calon penumpang pesawat tujuan Jakarta, mengaku di Nataru ini harga tiket rata-rata maskapai kisaran Rp 2 juta lebih Medan-Jakarta.

Padahal harga sebelumnya masih dikisaran Rp 1,5 juta.

"Baiknya harga tiket ini hendaknya menjadi perhatian pemangku kebijakan, soalnya dalam kondisi sulit begini harga tiket pesawat sebaiknya tidak terlalu tinggi"harapnya.

Sebab Nataru ini liburan sekali setahun dan ajang berkumpul bersama keluarga.

Untuk itu, bagi pemangku kepentingan diharapkan dimomen seperti ini bahkan tidak hanya Nataru dihari besar lainnya harga tiket ditekan murah sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan tiket dengan harga murah dan terjangkau"paparnya.

Pantauan, disejumlah pintu masuk bandara baik domestik dan internasional serta diberbagai counter tiket pesawat serta pintu Sekuriti chekpoint (SCP) menuju pintu masuk pesawat para calon penumpang terlihat antrean. Tidak jarang para petugas melakukan bantuan dan menertibkan barang bawaan bagasi penumpang untuk mengurai antrean panjang, sehingga lebih mudah aman dan lancar.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi