Puncak Arus Balik Natal dan Tahun Baru, KNIA Layani 24,055 Penumpang

Puncak Arus Balik Natal dan Tahun Baru, KNIA Layani 24,055 Penumpang
Penumpang memadati area check-in tiket di Bandara Internasional Kualanamu, Senin (8/1). (Analisadaily/Kali Ahmad Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Saat puncak arus balik Natal dan tahun baru Bandar Udara Internasional Kualanamu layani 24,055 penumpang dengan jumlah penerbangan sebanyak 171 penerbangan

Director of Operation & Services PT Angkasa Pura Aviasi, Heriyanto Wibowo, mengatakan selama delapan belas hari dibukanya posko pengamanan Nataru pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Seluruh pemangku kepentingan berkolaborasi dengan baik untuk memastikan kelancaran operasional serta pelayanan.

Pada pelaksanaan angkutan Nataru 2023-2024 di Bandar Udara Internasional Kualanamu dari 18 Desember 2023 - 4 Januari 2024 pergerakan penumpang berjumlah 399 ribu orang atau menurun 4 persen dibandingkan periode yang sama sebelumnya.

Sementara untuk jumlah penerbangan sebanyak 3,038 penerbangan atau turun 9 persen.

“Terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang berperan aktif bersama dalam mensukseskan posko pengamanan nataru 2023/2024, selama pelaksanaan keseluruhan operasional berjalan dengan lancar,” sebut Heriyanto.

Sementara selama periode angkutan Nataru, bandar udara internasional kualanamu telah menambah 217 penerbangan ekstra. Untuk periode angkutan nataru tahun ini didominasi Jakarta, Batam dan Pekanbaru untuk rute domestik, sedangkan rute internasional didominasi Kuala Lumpur, Penang dan Singapura.

Tiket Masih Sulit

Sementara sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Kualanamu khususnya penerbangan domestik tujuan Jakarta mengeluhkan masih sulit mendapatkan tiket pesawat. Bahkan ada yang sudah dua hari mencari tiket lewat aplikasi belum juga diperoleh.

"Saya sudah dua hari mencari tiket diaplikasi tetapi tidak ada khususnya tujuan Jakarta. Begitu juga saya datang langsung ke Bandara Kualanamu untuk membeli tiket pada maskapai juga tidak ada," kata Lelo.

Kata dia, niatnya untuk ke Jakarta terpaksa tidak jadi, sebab pada hari yang ditentukan tidak terkejar lagi.

"Kecewa ya, kenapa tidak ada tiket yang diperoleh padahal ini sudah habis libur Nataru," kata dia.

Kendati posko Nataru ditutup secara resmi 5 Januari 2024, pergerakan calon penumpang lewat masih terus meningkat. Hal ini terlihat calon penumpang memadati area check-in tiket dan begitu juga piatu pemeriksaan. Diprediksi kepadatan calon penumpang pesawat akan berlangsung hingga Februari 2024.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi