Tolak Perppu Cipta Kerja, Buruh Sumut Akan Aksi di Istana Negara 14 Januari 2022

Tolak Perppu Cipta Kerja, Buruh Sumut Akan Aksi di Istana Negara 14 Januari 2022
Willy Agus Utomo, Ketua Exco Partai Buruh Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Menolak tegas terbitnya Perppu Cipta Kerja yang dianggap merugikan kaum buruh, Exco Partai Buruh Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berencana akan mengirim perwakilan aksi ke Istana Negara di Jakarta, sebagai bentuk nyata penolakan buruh Sumut atas Perppu yang dianggap mengebiri hak kaum buruh.

Willy Agus Utomo, Ketua Exco Partai Buruh Sumut, menyampaikan, sebanyak 50 orang kader Partai Buruh akan digerakan dalam aksi di depan Istana Presiden Joko Widodo yang akan digelar para buruh Indonesia pada Sabtu, 14 Januari 2023.

"Sebagian sudah berangkat hari ini, sabagian lagi besok akan tiba di Jakarta, kita akan gabung dengan buruh nasional dan kita akan orasi mewakili kaum buruh Sumut, menolak Perppu yang memiskinkan buruh itu," kata Willy, Kamis (12/1).

Willy sangat berharap dengan masifnya penolakan Perppu oleh seluruh elemen buruh di Indonesia, dapat disahuti langsung oleh Presiden Jokowi untuk segera mencabut atau merevisi Perppu sesuai harapan kaum buruh.

"Kaum buruh tidak ada menuntut lebih, buruh hanya mempertahankan haknya yang dihilangkan. Hak yang sudah diperjuangkan dari jaman Belanda dulu yakni hak atas hidup layak, kerja layak, upah layak, sekarang dengan Perppu banyak yang hilang," ungkapnya.

Willy menambahkan, jika Presiden Jokowi tidak bergeming atas Perppu tersebut, maka pihaknya berjanji akan menggalang aksi lanjutan yang lebih besar lagi di Provinsi Sumut.

"Kita sedang lakukan rapat konsolidasi dengan elemen serikat pekerja serikat buruh di Sumut, mungkin awal bulan Februari kita akan aksi besar-besaran jika Perppu Cipta Kerja tidak dicabut atau direvisi," tegasnya mengakhiri.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi