Nurjaman Mochtar: Era Saat Ini Sudah Berubah, Masuk ke Dunia Baru

Nurjaman Mochtar: Era Saat Ini Sudah Berubah, Masuk ke Dunia Baru
Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Nurjaman Mochtar (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Pandan - Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Nurjaman Mochtar mengatakan, saat ini era sudah berubah, sudah masuk dunia baru.

“Saya ajak semua, dunia sudah berubah,” kata Nurjaman kepada puluhan wartawan dalam Safari Jurnalistik 2023 yang dilaksanakan PT Agincourt Resources (PTAR) di Pia Hotel Chain, Jalan Raya Padang Sidempuan, Pandan, Tapanuli Tengah, Kamis (26/1).

Dikatakan Nurjaman, media di ERA 4.0, konten adalah raja, dan kreativitas juga demikian. Hanya saja masalahnya saat ini adalah pola pikir atau mindset pekerja media yang harus terus berinovasi.

“Sekarang, 70 persen sumber media mainstream adalah media sosial, karena kebanyakan yang dimulai saat mencari berita lewat media sosial,” ujarnya.

Nurjaman juga menyebut, setiap media sosial telah membuat konten sendiri. Disarankannya, PTAR untuk menyosialisasikan program-program bisa lewat YouTube dan platform media sosial lainnya, dan disebar.

“Kalau sudah disebar lewat media sosial, maka pesannya akan sampai ke mana-mana,” ucapnya.

Pada pemaparannya, Nurjaman juga menyampaikan soal tantangan dan peluang media saat ini. Pertama, perusahaan atau narasumber akan merekrut pembuat konten.

Lalu, sumber berita menyimpan konten di media sosial. Tentunya, dengan digitalisasi jumlah televisi menjadi banyak akan memerlukan konten.

“Saat ini juga telah lahir profesi baru seperti ahli media sosial, SEO (Searc Engine Optimization) dan lain-lain,” sebutnya.

Terakhir, lanjutnya, peran media mainstream akan lebih banyak ke verifikasi dan pertanggung jawaban ke Dewan Pers.

“Sudah saatnya, sekarang beradaptasi dengan hal-hal baru agar tidak tergerus,” tandasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi