Harga Cabai Merah Kerap Naik di Akhir Pekan, Ada Potensi Penurunan Produksi Petani

Harga Cabai Merah Kerap Naik di Akhir Pekan, Ada Potensi Penurunan Produksi Petani
Harga Cabai Merah Kerap Naik di Akhir Pekan, Ada Potensi Penurunan Produksi Petani (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Harga sejumlah kebutuhan pangan pokok, khususnya cabai merah kerap mengalami kenaikan harga menjelang akhir pekan. Harga cabai merah di Kota Medan yang di awal pekan sempat ditransaksikan di kisaran Rp 36 ribu per Kg, pada akhir pekan ini ditransaksikan di kisaran harga Rp 48 ribu per Kg-nya untuk cabai dengan kualitas bagus.

Sementara cabai merah kualitas sedang dibanderol Rp 10 ribu untuk seperempat Kg atau sekitar Rp 40 ribu per Kg-nya. Dalam hampir beberapa pekan terakhir ini, harga cabai merah kerap mengalami kenaikan di setiap menjelang akhir pekan. Hal ini terjadi karena Medan masih mengandalkan pasokan cabai merah dari luar wilayah Sumatera Utara (Sumut). Sehingga pasokan kerap terganggu menjelang libur akhir pekan, karena permintaan dari luar wilayah Sumut kerap mengalami kenaikan menjelang libur.

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, dari hasil survei di sejumah lahan pertanian cabai merah milik petani, saat ini petani tengah berhadapan dengan pasokan air yang mengalami penurunan, seiring dengan pergantian musim ke musim kemarau. Curah hujan yang menurun membuat estimasi produksi menjelang ramadhan nanti berpeluang untuk megalami penurunan.

“Sekalipun pada November dan Desember 2022 banyak petani yang menanam cabai secara serentak di sejumlah titik di wilayah Sumut. Akan tetapi, pemerintah perlu mewaspadai kemungkinan penurunan produksi, yang bisa membuat harga cabai bertahan mahal seperti sekarang ini, atau justru bisa lebih mahal pada saat ramadahan dan Idul Fitri nanti,” kata Gunawan.

Menurutnya, dari hasil observasi di lapangan, beberapa petani menilai potensi terjadi penurunan produksi itu dalam rentang 20% (yang paling rendah) hingga 50% sebagai skenario yang paling buruk. Sangat bergantung dengan kondisi cuaca nantinya.

“Dan saya memperkirakan harga cabai bisa bergerak dalam rentang Rp 35 hingga Rp 60 ribu per Kg seandainya skenario petani tadi terjadi di lapangan,” ujarnya.

Cabai merah masih menjadi komoditas yang akan menyumbang inflasi besar di awal tahun ini. Cabai merah akan jadi komoditas yang merepotkan TPID nantinya. Sementara itu untuk beberapa komoditas lainnya relatif tidak banyak mengalami perubahan selama sepekan terakhir. Beberapa komoditas justru mampu turun, diantaranya adalah daging ayam yang saat ini dijual di kisaran Rp 30.500 per Kg-nya.

Selain daging ayam bawang merah juga turun sekitar Rp 1000 per Kg dalam sepekan, saat ini dijual di kisaran 30.500 per kg. Selebihnya harga sejumlah kebutuhan pokok di Sumut khususnya Kota Medan masih cukup stabil dan tidak mengalami perubahan. Beras, telur ayam, daging sapi, minyak goreng, gula pasir, dan bawang putih semuanya masih terpantau stabil.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi