Alasan Keamanan, Kanada Larang Warganya Pakai TikTok

Alasan Keamanan, Kanada Larang Warganya Pakai TikTok
Seseorang memegang smartphone dengan logo Tik Tok ditampilkan di belakang ilustrasi gambar ini diambil 7 November 2019. Gambar diambil 7 November 2019. (Reuters/Dado Ruvic/Illustration)

Analisadaily.com, Ottawa - Kanada mengumumkan larangan penggunaan media sosial milik China TikTok. Aplikasi itu dinilai menghadirkan tingkat risiko yang "tidak dapat diterima" terhadap privasi dan keamanan, menambah keretakan yang tumbuh antara kedua negara.

Langkah tersebut menggarisbawahi lobi yang berkembang melawan TikTok, yang dimiliki perusahaan China ByteDance Ltd, karena kekhawatiran akan kedekatannya dengan Beijing dan menyimpan data pengguna di seluruh dunia.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintahnya sedang melihat dengan hati-hati bagaimana memastikan keamanan online warga Kanada.

"Ini mungkin langkah awal, mungkin satu-satunya langkah yang perlu kita ambil," ujarnya merujuk pada penindakan terhadap TikTok dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Selasa (28/2).

Karena pemerintah melarang TikTok di telepon kantor, banyak orang Kanada, bisnis, dan individu pribadi akan merenungkan keamanan data mereka sendiri dan mungkin membuat pilihan sebagai konsekuensinya.

"Larangan tersebut akan berlaku mulai Selasa dan pegawai federal juga akan diblokir untuk mengunduh aplikasi tersebut di masa mendatang," menurut pernyataan dari Dewan Keuangan Kanada, yang mengawasi administrasi publik. Metode pengumpulan data TikTok memberikan akses yang cukup besar ke konten telepon,.

"Meski risiko penggunaan aplikasi ini sudah jelas, kami tidak memiliki bukti bahwa informasi pemerintah telah disusupi," kata Presiden Dewan Keuangan Mona Fortier.

TikTok awalnya mengatakan kecewa dengan keputusan tersebut, tetapi kemudian mengeluarkan pernyataan lain untuk mencatat bahwa "penasaran" bahwa Kanada pindah untuk memblokir aplikasi hanya setelah larangan serupa di Uni Eropa dan Amerika Serikat.

"Larangan itu dikeluarkan tanpa mengutip masalah keamanan khusus atau menghubungi kami dengan pertanyaan," kata juru bicara TikTok dalam pernyataan email.

Komisi Eropa memberlakukan larangan serupa minggu lalu, sementara Senat AS pada bulan Desember mengeluarkan RUU untuk melarang karyawan federal menggunakan aplikasi di perangkat milik pemerintah. India melarang TikTok pada tahun 2020.

Tindakan Kanada menghadirkan potensi duri lain dalam hubungan Sino-Kanada yang telah tegang dalam beberapa tahun terakhir karena berbagai alasan, yang paling baru atas tuduhan Ottawa bahwa China telah mencoba mempengaruhi pemilihannya dan telah menjalankan kegiatan pengawasan udara dan maritim.

Beijing membantah tuduhan itu dan telah mendesak Ottawa untuk menghentikan apa yang digambarkannya sebagai spekulasi dan fitnah yang tidak beralasan.

Ottawa sebelumnya juga mengecualikan perusahaan China dari sektor mineral dan telekomunikasi penting Kanada, dengan alasan risiko terhadap keamanan nasionalnya.

Pada bulan November, mereka memerintahkan tiga perusahaan China untuk mendivestasi investasi mereka di mineral kritis Kanada dan sebelumnya melarang penggunaan peralatan 5G yang dibuat oleh Huawei Technologies Co Ltd dan ZTE Corp.

Pekan lalu, federal Kanada dan tiga regulator privasi provinsi mengatakan mereka bersama-sama menyelidiki TikTok atas kekhawatiran tentang pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan informasi pribadi platform tersebut.

Dewan Perbendaharaan mengatakan dalam pernyataannya bahwa keputusan untuk menggunakan aplikasi atau platform media sosial adalah pilihan pribadi.

"Panduan Pusat Keamanan Cyber ??Kanada dari Badan Keamanan Komunikasi (Cyber ??Center) sangat merekomendasikan agar warga Kanada memahami risikonya dan membuat pilihan berdasarkan informasi sendiri sebelum memutuskan alat apa yang akan digunakan," katanya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi