Tedros Adhanom Tanggapi Pernyataan Pemilik Twitter

Tedros Adhanom Tanggapi Pernyataan Pemilik Twitter
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menghadiri pengarahan ACANU tentang masalah kesehatan global di Jenewa, Swiss, 14 Desember 2022 (Reuters/Denis Balibouse)

Analisadaily.com, Jenewa - CEO Twitter, Elon Musk, mengatakan negara-negara tidak boleh "menyerahkan otoritas" kepada Organisasi Kesehatan Dunia, dan tidak lama setelah itu kepala badan kesehatan PBB menolak komentarnya.

"Negara tidak boleh menyerahkan otoritas kepada WHO," tulis Musk, yang akun Twitternya memiliki lebih dari 132 juta pengikut, menanggapi video senator sayap kanan Australia Malcolm Roberts yang mengkritik organisasi tersebut.

"Negara-negara tidak menyerahkan kedaulatan kepada @WHO," tulis Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mentweet sebagai tanggapan dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Jumat (24/3).

"#PandemicAccord tidak akan mengubah itu. Kesepakatan itu akan membantu negara-negara untuk lebih menjaga diri dari pandemi," tambahnya.

Dalam komentar terpisah pada konferensi pers mingguan WHO pada Kamis malam, Tedros mengatakan klaim perjanjian pandemi akan membuat negara-negara melepaskan kekuasaan kepada WHO adalah "salah" dan "berita palsu".

"Jika ada politisi atau pebisnis, atau siapa pun yang bingung tentang apa itu kesepakatan pandemi dan bukan, kami akan dengan senang hati mendiskusikan dan menjelaskannya," kata Tedros, merujuk pada komentar Musk.

Sejak Covid-19 pertama kali muncul lebih dari tiga tahun lalu, Organisasi Kesehatan Dunia telah mengeluhkan "infodemik" misinformasi dan disinformasi seputar pandemi.

Kadang-kadang badan PBB menjadi sasaran langsung serangan semacam itu, dengan beberapa komentator menuduhnya berusaha merebut kebijakan kesehatan dari pemerintah, terutama sejak negosiasi internasional antara negara-negara anggota dimulai tentang perjanjian pandemi baru untuk menghindari dan menangani wabah di masa depan.

WHO terdiri dari 194 negara anggota yang mengambil keputusan besar tentang kebijakan dan anggaran kesehatannya melalui pertemuan tahunan yang dihadiri oleh pemerintah.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi