Hadapi Angkutan Lebaran 2023, Garuda Indonesia Siapkan 1,2 Juta Seat

Hadapi Angkutan Lebaran 2023, Garuda Indonesia Siapkan 1,2 Juta Seat
Direksi maskapai Garuda Indonesia saat memberikan paparan kesiapan menghadapi angkutan lebaran 2023. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat udara saat angkutan lebaran 2023, maskapai Garuda Indonesia (Persero) menyiapkan 1,2 tempat duduk (seat).

"Kami secara grup bersama Citilink menyediakan 1,2 juta tempat duduk selama angkutan lebaran untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam media briefing di Jakarta, Jumat (14/4).

Untuk memperlancar program mudik lebaran tersebut ungkap Irfan, pihaknya menyiapkan 97 armada yang terdiri atas Garuda 54 unit dan Citilink 45 unit.

Pemesanan tiket penerbangan sampai saat ini ungkap Irfan sudah mencapai 50 persen dengan kota - kota tujuan yang ramai adalah; Semarang, Lampung, dan Padang. " Tingkat keterisian di rute - rute high demand sudah mencapai 70 persen yakni ke Padang, Lampung, dan Semarang," ucap Irfan.

Dari aspek keselamatan, Irfan menegaskan, armada Garuda dan Citilink sudah dilakukan ramp check secara acak oleh Kementerian Perhubungan dan keseluruhan armada dilakukan perawatan secra rutin.

"Jadi kami tegaskan, keselamatan penerbangan merupakan hal yang utama," tegas Irfan.

Pada kesempatan tersebut Irfan mengajak masyarakat yang ada di luar Jakarta untuk berlebaran di Jakarta. " Lebaran kan tidak hanya di daerah.Berkumpul keluarga saat lebaran bisa dilakukan di Jakarta," tuturnya.

Bagi masyarakat di daerah yang terbang ke Jakarta dan berlebaran di Jakarta, Garuda Indonesia memberikan diskon 50 persen.

"Semua rute dari daerah ke Jakarta, kami diskon tarif 50 persen, kecuali dari Balikpapan.Karena tingkat keterisian penerbangan dari Balikpapan ke Jakarta saat angkutan lebaran cukup tinggi," ungkap Irfan.

Irfan menambahkan, dalam masa angkutan lebaran terjadi ketidakseimbangan tingkat keterisian pesawat. Pesawat yang terbang dari Jakarta ke daerah penuh, sebaliknya yang terbang ke Jakarta hanya 10 sampai 18 persen.

"Karena itu, kami memberikan diskon sampai 50 persen bagi masyarakat yang terbang ke Jakarta di masa angkutan lebaran," pungkasnya.

(TRY/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi