Kenaikan Pemudik 45 Persen, Edy Rahmayadi Ingatkan Agar Hati-hati

Kenaikan Pemudik 45 Persen, Edy Rahmayadi Ingatkan Agar Hati-hati
Apel pasukan Operasi Ketupat Toba 2023 di Lapangan Udara (Lanud) Soewondo yang dipimpin langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Senin (17/4). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengatakan Operasi Ketupat Toba 2023 memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran 2023. Kerjas keras bersama tahun lalu, 73 persen masyarakat mengaku puas penanganan mudik dan itu harus jadi pemicu semangat. Kemenhub perkirakan pergerakan masyakarat 123, 8 juta orang tahun ini.

Kata dia, sebanyak 2.800 pos lebih telah didirikan untuk mengamankan mudik lebaran di wilayah Indonesia dalam memastikan keamanan masyarakat.

"Hati-hati tahun ini ada kenaikan 45 persen. Polri bersama komitmen Pam arus mudik selama 14 hari mulai 18 April hingga 1 Mei. Di mana Ops Ketupat sebanyak 148 ribu lebih personel gabungan disiagakan," kata Edy saat apel pasukan di Lapangan Udara (Lanud) Soewondo, Senin (17/4).

Mantan Pangkostrad itu menuturkan pelaksanaan Ops Ketupat 2023 untuk mengoptimalkan pengendalian di lima wilayah, termasuk sumatera. Ada SKB tentang pengaturan jalan, pembatasan angkutan barang, contra flow dan one way selama masa arus dan balik mudik 2023.

"Demi kelancaran mudik dioptimalkan langkah preventif, letakkan rambu di wilayah rawan laka. Imbau pengemudi pastikan kesehatan, istirahat kalau lelehan," tuturnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi