Waspadai Kepadatan Objek Wisata di Sumatera Utara Saat Lebaran

Waspadai Kepadatan Objek Wisata di Sumatera Utara Saat Lebaran
rsip foto- Warga memperhatikan pesawat komersial yang akan mendarat di landasan pacu Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Sabtu (10/8). (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Analisadaily.com, Medan - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara mewaspadai terjadinya kepadatan pengunjung di objek-objek wisata di wilayahnya saat Lebaran 2023 yang jatuh pada akhir pekan.

"Kami mengkhawatirkan terjadinya 'over capacity'," ujar Kepala Disbudpar Sumut, Zumri Sulthony dilansir dari dari Antara, Jumat (21/4).

Dia memprediksi adanya 'ledakan' wisatawan lokal di Sumut lantaran ada sekitar 4,4 juta pemudik yang tiba di sana.

Sebagian dari jutaan pendatang tersebut diyakini akan meramaikan tempat wisata pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu (22/4), atau beberapa hari setelahnya.

"Dari 123 juta pemudik pada tahun ini, 4,4 juta orang di antaranya diperkirakan masuk ke Sumatera Utara. Artinya kalau mereka pergi menikmati objek wisata, ditambah lagi penduduk Sumut itu sendiri, maka pasti akan sangat padat," ujar Zumri.

Untuk mengantisipasi situasi, Disbudpar Sumut telah melakukan koordinasi dengan dinas-dinas pariwisata di kabupaten dan kota, pelaku usaha wisata, dinas perhubungan serta pihak TNI dan Polri.

TNI dan Polri disebut Zumri memiliki peran penting, karena mereka langsung terjun ke lapangan untuk mengamankan dan mengurai kepadatan.

Selain itu, Polri yang bekerja sama dengan dinas perhubungan setempat juga melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di jalur-jalur wisata.

Para pelaku usaha pariwisata pun diminta untuk bermitra dengan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) di wilayahnya demi memberikan pelayanan terbaik kepada pelancong.

"Pelaku usaha itu harus menjaga keamanan dan keselamatan sambil memberikan pelayanan. Oleh karena itu, mereka tidak bisa bekerja sendiri. Mereka mesti berkoordinasi dengan forkopimda termasuk TNI dan Polri di sana," kata Zumri.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi