Hari Pertama Kerja, Tidak Ada Dispensasi Bagi ASN

Hari Pertama Kerja, Tidak Ada Dispensasi Bagi ASN
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, saat inspeksi mendadak ke kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sumut pada hari pertama kerja usai libur lebaran, Rabu (26/4). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menegaskan tidak ada dispensasi terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tida hadir pada hari pertama kerja usai cuti bersama Idul Fitri sejak tanggal 19 - 25 April 2023.

"Tidak ada dispensasi, kecuali ada hal-hal penting. Pegawai yang tidak hadir pun harus melapor pada atasan," tegas Edy saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD), Rabu (26/4).

Kata dia, bila banyak yang tidak hadir kantor akan kosong, hari pertama masuk kerja pelayanan harus berjalan, liburnya sudah selesai.

"Makanya saya datang ke kantor-kantor ini," tuturnya.

Edy pun memastikan pelayanan publik di hari pertama kerja usai Lebaran berjalan normal seperti biasa, dan kehadiran ASN mencapai 80 persen. Adapun kantor-kantor yang disidak antara lain Dinas Kesehatan Sumut, Dinas Pendidikan Sumut, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut.

Rata-rata ketidakhadiran pegawai di kantor-kantor tersebut disebabkan karena sakit atau hal darurat. Namun Edy memastikan pelayanan publik sudah berjalan di hari pertama. Hal tersebut merupakan komitmen ASN sebagai pelayan publik yang siap melayani masyarakat kapanpun.

"Setelah kita sidak kantor-kantor, kita lihat kesiapan mereka melayani publik, kita pastikan siap," kata Edy usai sidak di Dinas Kesehatan Sumut Jalan HM Yamin, Medan, Rabu (26/4).

Inspektur Provinsi Sumut, Lasro Marbun mengatakan dari hasil sidak di beberapa kantor tersebut, pelayanan publik sudah sangat siap melayani masyarakat. Menurutnya, kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja usai Lebaran merupakan bentuk kedisiplinan yang harus ditunjukan pada masyarakat.

"Jadi Sidak ini juga menunjukkan pada para ASN bahwa pimpinan saja hadir pada hari pertama masuk kerja Lebaran, hari pertama tidak ada toleransi, sesuai dengan arahan pimpinan kita, kalaupun ada keperluan darurat pegawai bersangkutan haruslah melapor pada atasan," kata Lasro.

Selain memastikan pelayanan publik siap berjalan, Lasro mengatakan sidak Gubernur tersebut juga sekaligus silaturahmi dengan para pegawai ASN dalam suasana Lebaran.

"Jadi dalam ini masih dalam suasana Lebaran, sekaligus silaturahmi, banyak juga pegawai yang ingin bersilaturahmi dengan Pak Gub," kata Lasro.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus, mengatakan tingkat kehadiran pegawai di Dinas Kominfo Sumut mencapai 98 persen.

"Yang berhalangan hadir hari ini karena sakit, kami siap melakukan pelayanan pada masyarakat di hari pertama masuk kerja," tambah Ilyas.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi