Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS Sosialisasi Bela Negara ke Warga Pergulaan

Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS Sosialisasi Bela Negara ke Warga Pergulaan
Satgas TMMD 116 Kodim 0204/DS Sosialisasi Bela Negara ke Warga Pergulaan (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Sergai - Selain kegiatan fisik, Satgas TMMD ke-116 TA Kodim 0204/DS TA 2023 juga melaksanakan sejumlah kegiatan nonfisik, salah satunya sosialisasi bela negara.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Pergulaan, Kecamatan Sei Rampah, Sergai ini, dibuka langsung oleh Kepala Desa Pergulaan, Ari Irawan, Senin (15/5). Tampil sebagai pemateri adalah Kapten Inf E Mendrofa yang juga Pasiter Kodim 0204/DS.

Dalam paparannya di hadapan warga Desa Pergulaan, Kapten Mendrofa menyampaikan bahwa cinta tanah air adalah suatu kasih sayang atau cinta terhadap tempat kelahiran.

"Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati seorang warga negara untuk mengabdi, memelihara, membela dan melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan," urainya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapten Mendrofa juga menjelaskan tentang unsur - unsur bela negara, di antaranya ada rasa cinta pada tanah air, ada yang mencintai dan ada yang dicintai, serta ada tujuan cinta tanah air.

Terakhir Kapten Mendrofa mengajak masyarakat Desa Pergulaan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, karena kalau kita sudah cinta tanah air akan memberikan rasa aman dan damai, pembangunan negara dapat berjalan dengan lancar, pendapatan negara akan meningkat.

Hadir di acara Kasi Pemerintahan Desa, Mohammad Jamil, para kepala dusun dan perangkat Desa Pergulaan, serta tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi