Info Haji 2023

Musim Haji, Suhu Panas Arab Saudi Capai 42 hingga 46 Derajat Celcius

Musim Haji, Suhu Panas Arab Saudi Capai 42 hingga 46 Derajat Celcius
Musim Haji, Suhu Panas Arab Saudi Capai 42 hingga 46 Derajat Celcius (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Madinah - Memasuki musim haji 1444 Hijriah/2023, suhu panas di Arab Saudi mencapai 40 derajat Celcius. Untuk mengantisipasi suhu tersebut, agar tubuh tetap prima, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi para jemaah.

“Ada beberapa tips bagi seluruh jemaah haji Indonesia pada saat menunaikan ibadah haji di Arab Saudi agar tetap prima,” kata Korlap Tim Promosi Kesehatan PPIH Daker Madinah, Ade Irma Rosiani, Selasa (23/5).

Kata Ade, hendaknya para jemaah selalu menggunakan pelindung diri atau APD. Pertama selalu menggunakan payung atau topi. Ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari sinar matahari, karena saat ini suhu di Arab Saudi mencapai 42 hingga 46 derajat Celcius, terutama di Madinah.

“Jadi, sebaiknya gunakan payung saat keluar dari hotel. Kemudian yang kedua gunakan kacamata hitam. Ini berfungsi menghindari paparan sinar matahari langsung ke mata, atau menghindari pasir atau debu bisa berakibat mata merah atau iritasi,” sebutnya.

Kemudian gunakan masker. Untuk melindungi penyakit infeksi saluran pernapasan, maka jemaah sebaiknya selalu menggunakan masker.

Kemudian ketiga jangan lupa selalu membawa semprotan air yang diisi dengan air mineral atau air zam-zam yang bisa diminum. Kemudian jangan lupa bawa alas kaki atau sandal supaya bisa melindungi bahaya dari kaki melepuh.

“Dan jangan lupa setiap hari dibawa menggunakan tas atau kantong plastik, dan tak usah dititip ketika masuk masjid, sehingga ketika keluar dari masjid bisa langsung dipakai,” tandasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi