Irjen Kemenag Lepas Jemaah Haji Aceh Kloter 1, Sudah Bertolak ke Tanah Suci

Irjen Kemenag Lepas Jemaah Haji Aceh Kloter 1, Sudah Bertolak ke Tanah Suci
Irjen Kemenag Lepas Jemaah Haji Aceh Kloter 1, Sudah Bertolak ke Tanah Suci (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Faisal Ali Hasyim melepas keberangkatan jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-01 Aceh, Selasa (23/5) malam di aula Jeddah, Asrama Haji Embarkasi Aceh.

Sesuai jadwal, para jemaah kloter pertama yang berasal dari Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Besar dan Banda Aceh berangkat ke Tanah Suci Arab Saudi pada Rabu (24/5) pukul 07.45 WIB dengan maskapai Garuda Indonesia GA2101, melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar.

Faisal yang mewakili Menteri Agama, dalam sambutannya mengingatkan jemaah haji agar jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, termasuk dalam ibadah sunnah.

"Ibadah haji memerlukan fisik yang prima. Karenanya, saya berpesan agar jemaah haji selalu memperhatikan aspek kesehatan selama di perjalanan, di Arab Saudi, hingga nantinya kembali lagi ke Tanah Air. Jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunnah, terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai," kata Faisal.

Menurutnya, kondisi cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia sehingga jemaah harus dapat menyesuaikan diri. Pemerintah, kata Faisal, telah menyiapkan petugas untuk melayani jemaah.

"Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi jika ada keluhan terkait kesehatan. Telah disiapkan juga para petugas yang akan memberikan pelayanan, pelindungan, dan pembinaan," katanya.

Senada dengan Faisal, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengatakan bahwa cuaca di Arab Saudi pada musim haji kali ini cukup panas, terutama di siang hari, bisa mencapai 47 derajat celcius. Karenanya, ia mengharapkan para jemaah agar selalu menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya.

"Kami harapkan agar dapat selalu menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya, konsumsi makanan yang sehat serta beristirahatlah yang cukup agar tubuh senantiasa prima," ujar Achmad Marzuki.

Tidak lupa, Pj Gubernur Aceh juga mengharapkan kepada jemaah selama berada di tanah suci untuk berdoa untuk kebaikan dan kesejahteraan rakyat Aceh.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari melaporkan bahwa Provinsi Aceh tahun ini mendapatkan jatah kuota sebanyak 4.378 jemaah.

"Kuota jemaah haji untuk Aceh sebanyak 4.378. Adapun jumlah seluruh jemaah Aceh yang akan berangkat tahun sebanyak 4.343 dengan jumlah laki-laki 1.729 dan perempuan 2.614 terbagi dalam 12 kloter," kata Azhari.

Berdasarkan daerah, Azhari mengatakan jumlah jemaah haji terbanyak berasal dari Kota Banda Aceh dengan jumlah 491 jemaah, sedangkan jemaah haji paling sedikit adalah dari Kabupaten Simeulue berjumlah 27 jemaah.

Ia juga mengatakan, jemaah haji Aceh di Arab Saudi nanti, ketika berada di Mekkah menempati Hotel Al-Kiswah di wilayah Jarwal yang berjarak 1,9 Km dari Masjidil Haram.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi