PON 2024, PASI Targetkan Enam Medali Emas

PON 2024, PASI Targetkan Enam Medali Emas
Kabid Binpres PASI Sumut, Irwan Pulungan (tengah) memberikan keterangan terkait persiapan menghadapi PON XXI/2024 (ANTARA/Juraidi)

Analisadaily.com, Medan - Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Utara mengusung misi realistis di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Sesuai program terencana dan terukur, PASI ingin meraih enam medali emas pada ajang akbar olahraga Indonesia itu.

"Sesuai dengan data dan peta kekuatan atletik di Indonesia, kita menargetkan enam medali emas," kata Kabid Binpres PASI Sumut, Irwan Pulungan saat memberi keterangan di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut dilansir dari Antara, Rabu (24/5).

Ia mengatakan, saat ini PASI Sumut memiliki 46 atlet yang masuk dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) KONI Sumut. Dari jumlah tersebut, ada lima atlet termasuk kategori 1 (K1) dan dua atlet kategori 2 (K2) dan sisanya masuk dalam kategori 2 (K3).

"Target tersebut meningkat 100 persen dari raihan di PON Papua. Saat itu kita meraih 3 emas, 5 perak, dan 4 perunggu," ungkapnya.

PASI Sumut memasang target enam emas tersebut berdasarkan raihan dari sejumlah event terakhir. Salah satunya adalah Invitasi Atletik Indonesia yang merupakan seleksi menuju SEA Games 2023 pada Januari 2023 lalu. Saat itu Sumut meraih 4 emas dan 2 perak.

"Kita berada di posisi ketiga setelah Jawa Barat dengan 9 emas dan DKI Jakarta dengan 5 medali emas," tambahnya.

Baca juga: PASI Sumut siapkan 46 atlet hadapi PON 2024 Irwan Pulungan menambahkan, target enam medali emas tersebut diproyeksikan dari Abdul Hafiz (lempar lembing), Siska Simamora (lari 1.500m dan 5.000m), M Syahrial Bakti (tolak peluru), M Khairuddin (lari gawang), Hardodi Sihombing (lempar cakram), dan Welman Pasaribu (marathon) atau Syafaat Tarigan (jalan cepat).

"Siska Simamora kita plot untuk menggantikan Agustina Manik yang sedang berhalangan. Dan, tidak tertutup kemungkinan atlet lain juga meraih medali emas. Apalagi Pak Ketua David Luther sedang membiayai atlet kita bernama Denzel Usman latihan di Amerika Serikat. Dia akan tampil di nomor lari 1.500m dan 3.000m steeplechase," uangkapnya.

Untuk mewujudkan target tersebut, PASI Sumut telah merancang sejumlah program. Mereka rutin melakukan latihan sebanyak 13 sesi dalam seminggu sejak menjalani Pelatda mulai Februari 2023 lalu.

PASI juga mempersiapkan pelatih-pelatih profesional. Melakukan tes event sekaligus evaluasi pada 27 Mei 2023. Memberikan suplemen dan nutrisi kepada atlet. Kemudian evaluasi untuk sistem promosi dan degradasi pada Juni 2023 nanti.

"Kita juga berencana melakukan try out ke luar negeri. Dan melakukan latihan ke dataran tinggi Siosar, Tanah Karo. Kita sudah mengajukan permohonan ke Dispora Sumut agar difasilitasi untuk latihan ke Siosar," sebutnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi