Aktivitas Fisik Penting Agar Tetap Bugar Seiring Bertambahnya Usia

Aktivitas Fisik Penting Agar Tetap Bugar Seiring Bertambahnya Usia
PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand Entrasol pada Sabtu (3/6) (ANTARA/HO-Kalbe)

Analisadaily.com, Jakarta - Aktivitas fisik merupakan salah satu hal yang penting agar tubuh tetap fit seiring bertambahnya usia, kata dokter spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Antonius Andi Kurniawan, SpKO.

"Meskipun usia tidak lagi muda, jangan sampai aktivitas fisik kita berkurang," kata dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) dilansir dari Antara, Minggu (4/6).

Andi menuturkan aktivitas fisik harus tetap dibiasakan agar fungsi organ tubuh dan jaringan bisa berfungsi dengan baik. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan dengan teratur seperti kombinasi gabungan gerakan fleksibilitas, kardio atau jantung, serta kekuatan otot dan keseimbangan.

Lari, misalnya, dikatakan Andi dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang baik karena memiliki dampak positif bagi kekuatan otot, tulang, dan jantung, mengingat ketiga organ tubuh tersebut diketahui paling sering mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

"Lakukan rutin aktivitas fisik serta nutrisi tepat untuk jaga kekuatan sinergi antara otot, tulang, serta kesehatan jantung," kata Andi.

Selain aktivitas fisik, nutrisi juga penting untuk diperhatikan. Dokter spesialis gizi klinis dari FKUI dr. Cut Hafiah, M.Gizi, SpGK, FINEM, AIFO-K mengatakan bahwa nutrisi yang tepat memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan otot, tulang, serta jantung.

Terlebih lagi, kata dia, nutrisi bisa membantu memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan.

"Kondisi tubuh cenderung mengalami penurunan fungsi ketika kita bertambah usia, terutama otot, tulang, dan jantung sehingga pemilihan nutrisi yang tepat sangat penting dilakukan demi menjaga kualitas hidup," ujar Cut Hafiah.

Dia pun menyarankan agar membiasakan mengonsumsi nutrisi yang kadar proteinnya tepat, mengandung kalsium tinggi, serta lemak baik seperti buah zaitun.

"Di dalam ekstrak buah zaitun terdapat hydroxytyrosol yang mampu menjaga kelancaran peredaran darah dan juga kesehatan jantung. Di samping itu imbangi pula dengan pola hidup sehat dan rajin beraktivitas fisik,” tutur Cut Hafiah.

KALBE Nutritionals melalui merek Entrasol mengadakan lomba lari Entrasol Master Run 2023 untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Tangerang, Banten, Sabtu (3/6). Aktivitas itu menjadi ajang berkumpul komunitas sekaligus merayakan semangat serta bukti bahwa setiap orang bisa tampil aktif, bugar dan produktif meski usia bertambah.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi