Perayaan Trisuci Waisak 2567 Buddhis Sukses dan Meriah

Perayaan Trisuci Waisak 2567 Buddhis Sukses dan Meriah
Perayaan Trisuci Waisak 2567 Buddhis Era di kompleks Biara Bahal Portibi, Kabupaten Padanglawas Utara, sukses dan Meriah, Minggu (4/6) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Portibi - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dan Bupati Padanglawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap, menghadiri Perayaan Trisuci Waisak 2567 Buddhis Era di Kompleks Biara Bahal Portibi, Minggu (4/6).

Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengucapkan selamat merayakan Trisuci Waisak 2567 Buddhis Era yang dilaksanakan di Biara Bahal Portibi, Kabupaten Paluta.

Edy menyampaikan filosofi perayaan Trisuci Waisak, yang mana Trisuci Waisak merupakan hari untuk merayakan kelahiran Sang Buddha Gautama bersama dengan pencerahan dan pencapaiannya ke nirwana.

"Sang Buddha Gautama mengajarkan agar setiap orang memelihara akar kebijaksanaan sesuai dengan watak, perbuatan dan kepercayaan masing-masing dengan moral cinta kasih sebagai landasan utama," ucapnya.

Bupati Paluta, Andar Amin Harahap, mengucapkan selamat datang dan apresiasi yang setinggi-tingginya, khususnya kepada Gubernur Sumut, Kapolda Sumut, Kabinda Sumut, di tengah kesibukan masih menyempatkan diri hadir dalam perayaan Trisuci Waisak untuk membina kerukunan umat beragama.

Bupati juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh umat Buddha, dan terima kasih telah memberikan kepercayaan ataupun amanah untuk melaksanakan Perayaan Trisuci Waisak di Paluta. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat toleransi dan menerima kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Paluta.

"Saya berharap kegiatan ini berkelanjutan dan berkesinambungan, kami selalu siap bersinergi dan bekerja sama untuk kesuksesan acara," ungkapnya.

Perayaan Trisuci Waisak di Candi Bahal Portibi tahun ini dihadiri Bikkhu Sangha dan Umat Buddha lebih kurang 1.500 orang.

Terpisah, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) sediakan Posko Kesehatan bagi peserta yang mengikuti perayaan Hari Raya Waisak bersama umat Buddha Sumut.

Dir Samapta Polda Sumut, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, tampak hadir langsung ke lokasi perayaan Waisak. Begitu juga dengan Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, yang juga hadir.

Selain itu, hadir pula Dokter dari Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat IV Polda Sumut di Batangtoru, Iptu dr M Akbar, juga hadir memimpin kegiatan di Posko Kesehatan.

“Kami menyampaikan, agar kiranya petugas dapat memberikan pelayanan yang prima dan maksimal ke peserta perayaan Hari Raya Waisak,” ungkap Kapolres.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi