Sejumlah Ibu Kota Provinsi di Indonesia Berpeluang Diguyur Hujan

Sejumlah Ibu Kota Provinsi di Indonesia Berpeluang Diguyur Hujan
Arsip Foto - Mendung penanda hujan meliputi bagian langit di atas wilayah Jakarta (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Analisadaily.com, Jakarta - Sejumlah ibu kota provinsi di Indonesia pada Selasa (20/6) berpeluang menghadapi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, menurut siaran prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dilansir dari Antara, Ibu Kota Jakarta dan ibu kota Provinsi Papua, Kota Jayapura, berpeluang mengalami hujan ringan siang dan malam; Kota Manokwari, ibu kota Papua Barat, diprakirakan menghadapi hujan disertai petir siang dan malam hari; serta Kota Manado, ibu kota Sulawesi Utara, menghadapi potensi hujan sedang siang hingga malam.

Ibu kota Provinsi Banten, Kota Serang, diprakirakan cerah berawan pada siang hari dan malamnya hujan ringan; ibu kota Gorontalo berpeluang mengalami hujan sedang pada siang hari dan berawan pada malam hari; dan Kota Bandung, ibu kota Jawa Barat, menghadapi potensi hujan sedang pada siang hari dan berawan malam harinya.

Kota Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung, diprakirakan menghadapi hujan ringan pada siang hari dan hujan disertai petir pada malam hari sedangkan Kota Medan, ibu kota Sumatera Utara, berpeluang mengalami hujan ringan pada siang hari dan berawan malam harinya.

Hujan juga berpeluang turun di kota besar lain seperti Banjarmasin, Ternate, dan Tarakan.

Banjarmasin diprakirakan hujan ringan pada siang hari dan malamnya cerah berawan, Ternate berpeluang mengalami hujan disertai petir pada siang hari dan berawan pada malam hari, dan Tarakan diprakirakan berawan pada siang hari dan malamnya menghadapi hujan disertai petir.

Cuaca kota-kota besar lain di Indonesia diprakirakan cerah, cerah berawan, atau berawan.

BMKG juga menyampaikan peringatan dini mengenai peluang terjadinya hujan badai di bagian wilayah Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat.

Hujan dan hujan badai dapat menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Warga di daerah-daerah yang berpeluang mengalami hujan maupun hujan badai sebaiknya meningkatkan kewaspadaan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi