Suhu di Beijing Tembus 40 Derajat Celsius untuk Pertama Kali

Suhu di Beijing Tembus 40 Derajat Celsius untuk Pertama Kali
Pekerja membersihkan fasad gedung perkantoran di tengah peringatan oranye untuk suhu tinggi, di Beijing, China pada 22 Juni 2023. (Reuters/Ryan Woo)

Analisadaily.com, Beijing - Suhu di Beijing melonjak di atas 40 derajat Celcius pada Kamis, 22 Juni 2023 untuk pertama kalinya sejak 2014 dan memecahkan rekor hari terpanas di bulan Juni. Gelombang panas yang melanda China utara seminggu sebelumnya diperkirakan akan bertahan hingga akhir pekan.

Sebuah stasiun cuaca di pinggiran selatan kota yang dianggap sebagai pengukur utama Beijing mencatat 40,7 derajat Celcius pada pukul 14.30 waktu setempat, menurut biro cuaca kota, pelanggaran pertama ambang batas 40 derajat Celcius sejak 29 Mei 2014.

Dilansir dari Reutes, Kamis telah menjadi hari terpanas di Beijing di bulan Juni sejak pencatatan meteorologi modern dimulai. Tertinggi sepanjang masa sebelumnya dicatat pada 10 Juni 1961, ketika merkuri naik menjadi 40,6 derajat Celcius.

Di kota kecil Tanghekou di timur laut Beijing, suhu naik hingga 41,8 derajat Celcius, merebut gelar tempat terpanas di China pada Kamis.

Beijing, kota berpenduduk hampir 22 juta orang, mengangkat peringatan oranye, peringatan cuaca tertinggi kedua, mengatakan suhu bisa setinggi 39 derajat Celcius dari Kamis hingga Sabtu.

Beijing, Tianjin, Hebei dan Shandong di China utara dan timur dilanda gelombang panas minggu lalu, dengan biro cuaca nasional mengeluarkan peringatan serangan panas, hampir dua minggu lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.

Gelombang panas juga mendorong pihak berwenang untuk meningkatkan upaya melindungi tanaman, memastikan keamanan wisatawan, dan menangguhkan pekerjaan di luar ruangan selama hari terpanas.

Di Tianjin, sebuah kota pelabuhan dengan populasi lebih dari 13 juta jiwa, permintaan AC yang meningkat mendorong beban jaringan listriknya menjadi 14,54 juta kilowatt pada 15 Juni, naik 23 persen dari tahun sebelumnya, dan mendorong departemen utilitasnya untuk mengirimkan pekerja untuk berpatroli di terowongan bawah tanah setiap hari untuk memastikan kabel listrik berfungsi dengan baik.

Pada hari Kamis, suhu di distrik perkotaan Tianjin mencapai 41,2 derajat Celcius, memecahkan rekor lokal.

Putaran gelombang panas terbaru, bertepatan dengan Festival Perahu Naga akhir pekan panjang di China, juga akan melanda wilayah China utara Mongolia Dalam dan Xinjiang di ujung barat, menurut Administrasi Meteorologi China.

Cina memiliki sistem peringatan cuaca berkode warna empat tingkat, dengan warna merah yang paling parah, diikuti oleh oranye, kuning dan biru.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi