Beternak Kambing Diharap Jadi Mata Pencaharian Baru di Tebingtinggi

Beternak Kambing Diharap Jadi Mata Pencaharian Baru di Tebingtinggi
Penjabat Wali Kota Tebingtinggi, Syarmadani, mengunjungi usaha ternak kambing milik Dedek, warga Jalan Syech Beringin, Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Padang Hilir, Rabu (21/6) (Analisadaily/Chaidir Chandra)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Penjabat Wali Kota Tebingtinggi, Syarmadani, mengatakan adanya potensi ekonomi kerakyatan khususnya peternakan kambing, yang selama ini merupakan ruang bagi pengembangan ekonomi masyarakat.

"Bagaimanapun pakan-pakan untuk kambing masih banyak tersedia di lingkungan kita. Harapan saya, menjadi sumber pendapatan baru," kata Syarmadani, saat meninjau usaha ternak kambing "Beringin Karya Farm" milik Dedek, salah seorang warga Kecamatan Padang Hilir, Rabu (21/6).

Apalagi, kata dia, sudah ada contoh-contoh yang berhasil dan beternak kambing ini dapat menjadi sumber pangan alternatif lain selain daging sapi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebingtinggi, Marimbun Marpaung, menyampaikan walau memiliki lahan sempit sebaiknya kita bisa berinovasi.

"Dari hulu sampai hilir, kita memang harus berinovasi bagaimana pendapatan masyarakat itu bisa meningkat. Pemanfaatan pekarangan yang minim, potensi yang dilapangan dan bisa merekrut lapangan kerja. Itu, yang kita kedepankan," ujar Marimbun.

Pada kesempatan itu Dedek mengungkapkan, dia memiliki ternak kambing sekitar 200 ekor. Hasil produksi daging kambingnya telah dikirim keluar daerah Kota Tebingtinggi.

"Rencana mau membuka pasar yang kita jajaki di Kepulauan Riau, khususnya. Kita bergabung dengan mitra ada orderan sekitar 2 ton untuk 1 bulan. Untuk susu kambing, sedang dalam proses pengembangan produksi. Bagaimana supaya produksi bisa meningkat, hasil produksinya bisa dipasarkan dengan baik," paparnya.

Dia berpesan, para pelaku UMKM, khususnya bagi yang menggeluti di peternakan kambing agar terus bekerja keras.

"Karena, beternak kambing tidak semudah yang kita pikirkan. Mudah-mudahan di Kota Tebingtinggi ini, kita sedikit demi sedikit berkontribusi di lapangan kerja," tutur Dedek.

(CHA/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi