Pelaut Berperan Sebagai Tulang Punggung Perekonomian Negara

Pelaut Berperan Sebagai Tulang Punggung Perekonomian Negara
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan  peringatan Hari Pelaut Dunia tanggal 25 Juni 2023 yang dipusatkan di Bali.  (Analisadaily/Sutrisno)

Analisadaily.com, Bali - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan peringatan Hari Pelaut Dunia tanggal 25 Juni 2023 yang dipusatkan di Bali

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha dalam sambutannya mengungkapkan, pada peringatan Hari Pelaut Sedunia tahun 2023 ini, International Maritime Organization (IMO) mengusung tema Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment.

“Tema ini diangkat dengan harapan para pelaut yang menghabiskan sebagian besar waktu di laut dapat memberikan kontribusi dalam melindungi dan melestarikan lingkungan maritim,” ujar Arif.

Kata dia, tema tersebut mendasari Direktorat Perhubungan Laut untuk mengangkat tema turunan dari Hari Pelaut Sedunia Tahun 2023 yakni “Oceans Worth Protecting” menjadi tema Kampanye Keselamatan Pelayaran tahun 2023 yang juga menjadi Hastag utama Kampanye IMO tahun ini yang digaungkan di media sosial.

Kampanye “Ocean Worth Protecting” hadir untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim.

“Kami mengajak seluruh pihak mulai dari regulator, operator dan masyarakat pengguna jasa transportasi laut untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lautan yang kita cintai karena laut layak dilindungi,” ajak Arif.

Arif mengungkapkan, banyak kontribusi yang bisa kita lakukan untuk menjaga laut kita. Pertama, dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran. Ke dua, berfokus pada perlindungan terhadap anak-anak dan generasi mendatang serta bekerja sama dalam mengurangi pencemaran lautan, termasuk dari sampah plastik yang menjadi ancaman serius bagi kehidupan laut.

Dia sepakat bahwa pelaut adalah pekerja kunci yang memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian sebuah negara. Oleh karena itu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi kepada sosok pelaut wanita yang memiliki kontribusi besar dalam mewujudkan konektivitas hingga ke pelosok Nusantara.

Penghargaan tersebut diberikan kepada dua Srikandi Indonesia yakni Penghargaan untuk Pelaut Wanita Kapal Perintis dan Penghargaan untuk Pelaut Wanita Kapal Penumpang.

Indonesia bangga memiliki pelaut-pelaut wanita tangguh yang tak gentar menerjang ombak dan badai demi bisa mengantarkan Saudara-saudara kita kembali ke daerahnya, juga mengantar barang kebutuhan logistik hingga ke daerah 3TP.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Kami dari Kementerian Perhubungan juga terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kemudahan dalam pengurusan dokumen bagi para pelaut, termasuk dengan meningkatkan security dan spesimen baru pada Buku Pelaut, yang hari ini akan resmi diluncurkan,” kata Arif.

Dia berharap seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat besar dalam upaya mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran di Indonesia.

(TRY/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi