KKHI Madinah Gelar MCU Tekan Angka Kesakitan Jemaah Gelombang 2

KKHI Madinah Gelar MCU Tekan Angka Kesakitan Jemaah Gelombang 2
KKHI Madinah Gelar MCU Tekan Angka Kesakitan Jemaah Gelombang 2 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Madinah - Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah kembali menggelar Medical Check Up (MCU) terhadap jemaah haji risiko tinggi (Risti) gelombang 2 yang telah tiba di Kota Madinah. MCU dilaksanakan secara bertahap mulai 11 Juli 2023.

“Alhamdulillah, kami mulai melaksanakan MCU untuk jemaah haji Risti sejak 11 Juli 2023," kata Kasi Kesehatan Daker Madinah dr. Thafsin Alfarizi, Kamis (13/7).

MCU ini merupakan salah satu strategi bidang kesehatan Madinah untuk menekan angka kesakitan dan kematian jemaah haji. Selain itu MCU dilakukan sebagai skrining tanazul yang akan dilaksanakan oleh KKHI Madinah.

Tenaga Kesehatan Haji Kloter (TKHK) sebelumnya telah menyeleksi jemaah haji Risti yang akan menjalani MCU. Seleksi ini sudah dilakukan setiap hari oleh TKHK melalui pemeriksaan rutin yang dilaksanakan di kloter.

“Seperti MCU pra Armuzna, jemaah haji Risti yang akan melaksanakan MCU sudah hasil seleksi TKHK melakui pemeriksaan rutin yang mereka lakukan di kloter masing-masing,” tutur dr. Alfarizi.

Ia menyampaikan bahwa jemaah haji akan melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tekanan darah, pengukuran EKG, dan pengukuran kimia darah.

Selanjutnya hasil pengukuran tersebut akan diberikan rekomendasi oleh dokter spesialis di KKHI. Layanan MCU lainnya meliputi poli jantung, paru, penyakit dalam, dan psikiatri.

“Jemaah haji nantinya akan melakukan pemeriksaan seperti pengukuran tekanan darah, pemeriksaan EKG, dan pemeriksaan kimia darah. Selain itu jemaah haji Risti juga akan diperiksa oleh dokter spesialis sesuai dengan keluhannya karena sekaligus MCU akan dibuka poli jantung, paru, penyakit dalam, dan psikiatri, dan pemeriksaan oleh dokter ahli lainnya sesuai kondisi jemaah," ungkapnya.

Pelaksanaan MCU, KKHI Madinah bekerja sama dengan Emergency Medical Team (EMT) di sektor. Jemaah haji ini akan difasilitasi EMT dalam mobilisasi dari penginapan ke KKHI Madinah hingga pengembalian pasca MCU.

Lebih lanjut dr. Alfarizi menyampaikan bahwa melalui MCU, KKHI Madinah sekaligus melakukan skrining untuk program tanazul yang akan dijalankan pada jemaah haji gelombang dua khususnya. Program tanazul KKHI Madinah akan memulangkan jemaah haji sakit tidak bersama kloternya melalui Bandara Haji Madinah.

“Selain untuk menekan angka kesakitan dan kematian jemaah haji di Madinah, MCU ini kami jalankan untuk seleksi jemaah haji yang membutuhkan program tanazul melalui Bandara Haji Madinah," ucapnya.

Hingga hari ketiga pelaksanaan MCU, KKHI Madinah sudah memeriksa 49 jemaah haji Risti dengan rekomendasi yakni 41 jemaah haji dirawat jalan, 7 jemaah haji dirawat inap di KKHI Madinah, dan 1 jemaah haji dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi di Madinah.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi