Suhu Melonjak, Warga Beijing Kenakan 'Facekinis' Hindari Panas

Suhu Melonjak, Warga Beijing Kenakan 'Facekinis' Hindari Panas
Manekin dengan penutup kepala pelindung matahari terlihat dipajang di sebuah toko di pusat perbelanjaan, di tengah peringatan kuning gelombang panas di Beijing, China 19 Juli 2023. (Reuters/Florence Lo)

Analisadaily.com, Beijing - Di Beijing yang terik, "facekinis" adalah mode baru alat untuk melindungi diri dari panas di pusat kota saat suhu melonjak memecahkan rekor.

Dengan suhu merkuri yang naik di atas 35 Celcius (95 Fahrenheit) dan melonjak setinggi 80C di beberapa bagian negara, penduduk dan pengunjung membawa kipas portabel dan menutupi diri mereka untuk menghindari kulit menjadi cokelat. Beberapa topi bahkan memiliki kipas bawaan.

Facekinis, atau masker wajah penuh dengan lubang untuk mata dan hidung pemakainya, lengan baju untuk menutupi lengan, serta topi bertepi lebar dan jaket ringan yang terbuat dari kain tahan UV telah menjadi sangat populer.

"Dibandingkan sebelum pandemi, dua atau tiga tahun lalu, tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Volume penjualan pasti naik banyak tahun ini," kata seorang penjual yang bermarga Wang di sebuah toko yang menjual topi dilansir dari Reuters, Kamis (20/7).

Banyak konsumen wanita di Asia Timur menyukai kulit cerah, dan produk pelindung sinar matahari juga populer di negara tetangga seperti Korea Selatan.

"Kekhawatiran utama saya adalah potensi penyakit kulit, atau munculnya bintik matahari," kata siswa berusia 17 tahun, Li Xuyan yang bersama ibunya mengenakan masker yang menutupi sebagian besar wajahnya ketika mereka mengunjungi kawasan wisata di Beijing.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi