Musisi Sinead O'Connor Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun, Memburuk Sejak Putranya Bunuh Diri: Nothing Compares 2 U!

Musisi Sinead O'Connor Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun, Memburuk Sejak Putranya Bunuh Diri: Nothing Compares 2 U!
Musisi Sinead O'Connor Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun, Memburuk Sejak Putranya Bunuh Diri: Nothing Compares 2 U! (Instagram @oconnor.sinead)

Analisadaily. com, Jakarta - Dunia berduka, musisi Sinead O'Connor meninggal dunia di usia 56 tahun. Kabar duka itu disampaikan oleh keluarga dari penyanyi asal Irlandia tersebut.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Sinead yang kami cintai. Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul dan meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini," begitulah pesan yang disampaikan oleh keluarga Sinead O'Connor dilansir dari detikcom yang mengutip dari BBC News pada Jumat (28/7/2023).

Sebelum meninggal dunia, Sinead O'Connor juga berjuang dengan kesehatan mentalnya. Ia selalu terbuka mengenai hal tersebut di media sosial dan di setiap wawancara.

Sinead O'Connor mengungkap dirinya mengalami agoraphobia. Kondisi tersebut membuatnya ketakutan berada di tempat ketika bantuan tidak tersedia.

Mereka yang mengalami agoraphobia takut dengan kerumunan atau menjadi penyendiri. Hal ini membuatnya kesulitan bertemu dengan orang lain, bahkan hingga kelaparan.

Pada 2015 Sinead O'Connor juga pernah mengagetkan publik dengan menulis surat di Facebook. Dalam surat tersebut pelantun hits Nothing Compares 2 U itu mengaku overdosis di salah satu hotel di Irlandia.

Semenjak itu Sinead diawasi secara ketat agar tak melakukan perbuatan yang tidak diinginkan. Secara pribadi, ia juga terus mencari ketenangan jiwa agar kondisinya membaik.

Kondisi mental Sinead O'Connor juga semakin buruk ketika putranya yang berusia 17 tahun meninggal dunia dengan cara bunuh diri. Lewat cuitannya, Sinead menyebutkan jika putranya memilih untuk mengakhiri deritanya di dunia dan tak pantas untuk dicontoh.

"Putraku yang tampan, Nevi'im Nesta Ali Shane O'Connor, cahaya di hidupku, memutuskan untuk mengakhiri kesulitannya di dunia pada hari ini dan telah berpulang ke Tuhan. Semoga ia beristirahat dalam damai dan tak ada yang meniru tindakannya itu. Sayangku, aku sangat mencintaimu. Semoga kau menemukan kedamaian," tulisnya.

Sebelumnya pada 6 Januari lalu, Sinead mengabarkan jika putranya itu telah menghilang. Ia pun sangat panik kala itu dan sempat berusaha untuk menemuinya di Garda Station, Dublin.

Shane pun ternyata sempat dirawat di rumah sakit dan menjalani konsultasi terkait keinginannya untuk bunuh diri. Sinead juga sempat mengunjunginya dan mengatakan jika hidup putranya itu sangat berharga serta Tuhan sangat sayang pada Shane yang punya senyum manis itu.

Tapi takdir berkata lain. Tubuh Shane ditemukan tak bernyawa oleh pihak kepolisian belum lama ini. Tak ada keterangan terkait penyebab kematiannya dan Sinead pun menolak untuk mempublikasikannya secara detail.

Sinead O'Connor pun mengaku jika pemerintah bertanggung jawab atas kematian anaknya itu, khususnya bagian pelayanan konseling mental.

"Aku sedang dalam kondisi berduka atas kepergian anakku. Saat aku sudah siap maka aku akan mengungkapkan betapa pemerintah Irlandia begitu jahat, tak peduli, egois dalam melayani masyarakatnya," tulisnya.

Jauh sebelum segala peristiwa yang terjadi dalam hidupnya, kesedihan Sinead O'Connor tergambar dalam lirik lagu 'Nothing Compares 2 U' ciptaan Prince, yang rilis pada tahun 1990 silam.

Lagu 'Nothing Compares 2 U' juga dikenal sebagai lagu patah hati terbaik dan sebagai salah satu hits terbaik sepanjang masa. Secara universal lagu ini mengungkapkan rasa emosional karena bercerita tentang kehilangan, seperti yang tergambar dalam petikan liriknya berikut ini:

It's been so lonely without you here...
Like a bird without a song...
Nothing can stop these lonely tears from falling...
Tell me baby, where did I go wrong?...
I could put my arms around every boy I see...
But they'd only remind me of you...

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi